Opini Followers terhadap Informasi Media Sosial Twitter Kompas.com di PT. Duta Media Indonesia

Citra Fitria Dinanti

Abstrak


Media massa merupakan sumber informasi utama masyarakat. Keterbatasan serta kemampuan manusia untuk memperoleh informasi itulah yang mendorong manusia membutuhkan suatu media yang dapat memenuhi kebutuhan informasinya sehingga menjadi suatu ketergantungan, yang mengakibatkan masyarakat selalu haus akan informasi baru. Adapun tujuan penelitian untuk Mengetahui opini Followers terhadap kemenarikan informasi, isi informasi kebenaran informasi, ketepatan waktu informasi Media Sosial Twitter Kompas.com. Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian yaitu Lasswell, yang berupa ungkapan verbal, yakni Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?. Model komunikasi ini cocok diterapkan pada semua jenis penelitian, termasuk untuk penelitian yang sifatnya menjaring tentang komunikasi massa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan selengkapnya mengenai suatu peristiwa, keadaan atau sesuatu yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Opini Followers dikatakan cukup baik dari segi ketepatan waktu informasi, isi informasi, kebenaran informasi, kemenarikan informasi, sehingga followers lebih meningkatkan keyakinan dan menghilangkan keraguan terhadap pemberitan yang disajikan oleh Akun Twitterkompas.com”, dan merasa puas akan terpenuhnya kebutuhan memperoleh informasi berita yang aktual, faktual, dan up to date.

 

 


Kata Kunci


Opini Followers;Media sosial;Twitter

Teks Lengkap:

XML

Referensi


Abdurrachman, Oemi, M.A, 2001. Dasar-dasar Public Relations, Bandung : Citra Aditya bakti.

Anggoro, M. Linggar, 2002. Teori & Profesi Kahumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara Jakarta.

Ardianto, Elvinaro. 2004 Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Arifin, Anwar., 1994. Strategi Komunikasi, Armico, Bandung : Alfabetha

A.W, Widjaya. 1986. Komunikasi, Administrasi, Organisasi & Manajemen dalam Pembangunan. Jakarta : Bumi Aksara.

A.W, Widjaya. 2007. Komunikasi badan Humas. Jakarta : Bumi Aksara.

Cutlip, Scott M, 2009. EffectivePublic Relations. Jakarta : Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana, 2007. Hubungan Masyarakat. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana, 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ngurah Putra, I Gusti. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta : Universitas Atmajaya

Iriantantara, Yosal. 2000 Community Relations : Konsep dan Aplikasinya, Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Kountur, Ronny, 2007. Metode Penelitian Untuk Skrpsidan Thesis. Jakarta : PPM

Lalolo, Loina. 2001 Konsep dan Aplikasi Membina Hubungan Baik dengan Publik. Bandung : CV.

Marzuki. 2003. Metodelogi Riset, Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia

Mohammad Nazir, 2002. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Moore Frazier, 2004. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi, Cetakan Pertama Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy,2005. Komunikasi Massa, Bandung : Widya Pdjajaran

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta : Buku Litera, DPPM DIKTI

Nawawi, 1993. Metode Penelitian Sosial, Bandung : Remaja Rosdakarya

Nimmo Dan, 2004. Jalaludin Rakhmat, Komunikasi Politik Khalayak dan Efek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta : Buku Litera, DPPM DIKTI

______. 2009. Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Rachmadi, F, 1992 Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Gramedia.

Rakhmat, Jallaludin, 2000. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : PT. Prenada Media Group

Ruslan, Rosady. 1999. Manajeman Humas dan Manajemn Komunikasi, PT. Jakarta : RadjaGrafindo Persada

Sastradipoera, Komarudin. 2001. Asas-asas Manajemen Perkantoran, Bandung : Kappa Sigma

Seitel , Fraser P. 2001. The Practice of Public Relations, Colombus : New Jersey

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian, 1986. Metode Penelitian Survei. LP3ES.Jakarta.

Suhandang, Kustadi. 2004 Public Relations Perusahaan, Bandung : PT. Karya Nusantara.

W, Stephen, Littlejohn, dan Karen A. Foss. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. 2009, Jakarta: Salemba Humanika.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Yunus , Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor : Ghalia Indonesia




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v1i2.268

Article Metrics

Abstrak views : 511 times
XML views : 416 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats