Opini Followers terhadap Informasi Media Sosial Twitter Kompas.com di PT. Duta Media Indonesia
Abstrak
Media massa merupakan sumber informasi utama masyarakat. Keterbatasan serta kemampuan manusia untuk memperoleh informasi itulah yang mendorong manusia membutuhkan suatu media yang dapat memenuhi kebutuhan informasinya sehingga menjadi suatu ketergantungan, yang mengakibatkan masyarakat selalu haus akan informasi baru. Adapun tujuan penelitian untuk Mengetahui opini Followers terhadap kemenarikan informasi, isi informasi kebenaran informasi, ketepatan waktu informasi Media Sosial Twitter Kompas.com. Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian yaitu Lasswell, yang berupa ungkapan verbal, yakni Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?. Model komunikasi ini cocok diterapkan pada semua jenis penelitian, termasuk untuk penelitian yang sifatnya menjaring tentang komunikasi massa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan selengkapnya mengenai suatu peristiwa, keadaan atau sesuatu yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Opini Followers dikatakan cukup baik dari segi ketepatan waktu informasi, isi informasi, kebenaran informasi, kemenarikan informasi, sehingga followers lebih meningkatkan keyakinan dan menghilangkan keraguan terhadap pemberitan yang disajikan oleh Akun Twitter “kompas.com”, dan merasa puas akan terpenuhnya kebutuhan memperoleh informasi berita yang aktual, faktual, dan up to date.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
XMLReferensi
Abdurrachman, Oemi, M.A, 2001. Dasar-dasar Public Relations, Bandung : Citra Aditya bakti.
Anggoro, M. Linggar, 2002. Teori & Profesi Kahumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara Jakarta.
Ardianto, Elvinaro. 2004 Komunikasi Massa : Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Arifin, Anwar., 1994. Strategi Komunikasi, Armico, Bandung : Alfabetha
A.W, Widjaya. 1986. Komunikasi, Administrasi, Organisasi & Manajemen dalam Pembangunan. Jakarta : Bumi Aksara.
A.W, Widjaya. 2007. Komunikasi badan Humas. Jakarta : Bumi Aksara.
Cutlip, Scott M, 2009. EffectivePublic Relations. Jakarta : Prenada Media Group.
Effendy, Onong Uchjana, 2007. Hubungan Masyarakat. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana, 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ngurah Putra, I Gusti. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta : Universitas Atmajaya
Iriantantara, Yosal. 2000 Community Relations : Konsep dan Aplikasinya, Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Kountur, Ronny, 2007. Metode Penelitian Untuk Skrpsidan Thesis. Jakarta : PPM
Lalolo, Loina. 2001 Konsep dan Aplikasi Membina Hubungan Baik dengan Publik. Bandung : CV.
Marzuki. 2003. Metodelogi Riset, Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia
Mohammad Nazir, 2002. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
Moore Frazier, 2004. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi, Cetakan Pertama Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy,2005. Komunikasi Massa, Bandung : Widya Pdjajaran
Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta : Buku Litera, DPPM DIKTI
Nawawi, 1993. Metode Penelitian Sosial, Bandung : Remaja Rosdakarya
Nimmo Dan, 2004. Jalaludin Rakhmat, Komunikasi Politik Khalayak dan Efek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta : Buku Litera, DPPM DIKTI
______. 2009. Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Rachmadi, F, 1992 Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Gramedia.
Rakhmat, Jallaludin, 2000. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Riyanto, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : PT. Prenada Media Group
Ruslan, Rosady. 1999. Manajeman Humas dan Manajemn Komunikasi, PT. Jakarta : RadjaGrafindo Persada
Sastradipoera, Komarudin. 2001. Asas-asas Manajemen Perkantoran, Bandung : Kappa Sigma
Seitel , Fraser P. 2001. The Practice of Public Relations, Colombus : New Jersey
Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian, 1986. Metode Penelitian Survei. LP3ES.Jakarta.
Suhandang, Kustadi. 2004 Public Relations Perusahaan, Bandung : PT. Karya Nusantara.
W, Stephen, Littlejohn, dan Karen A. Foss. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. 2009, Jakarta: Salemba Humanika.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Yunus , Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor : Ghalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v1i2.268
Article Metrics
Abstrak views : 509 times
XML views : 415 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 509 timesXML views : 415 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.