ISI PESAN STOP BODY SHAMING DI INSTAGRAM @KEMENPPPA TERHADAP PERILAKU PERCAYA DIRI FOLLOWERS
Abstrak
ABSTRAK. Fenomena body shaming masih menjadi pembahasan yang sering diperbincangkan di media sosial. Isu feminisme mengacu pada standar kesempurnaan yang biasanya ditunjukan kepada wanita atau laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh isi pesan Stop Body Shaming terhadap perilaku percaya diri di kalangan followers akun Instagram @Kemenpppa. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara isi pesan stop body shaming di akun Instagram @Kemenpppa terhadap perilaku percaya diri followers.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ananda Fitria, Surya, 2019, Dampak Body Shaming Sebagai Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan, Skripsi: Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Social Politik, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta
Asri, Asti, 2012, Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babelan, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. Universitas Negeri Jakarta
Cangara, Hafied, 2016, Pengantar Ilmu Komunikasi, Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Chairani, Lisya, 2018, Body Shaming dan Gangguan Makan Kajian Meta-Analisa. Fakultas Psikologi, Universitas Islan Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Danandjaja, 2015, Peranan Humas Dalam Perusahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Dwi Atmoko, Bambang, 2012, Instagram Handbook, Jakarta: Mediakita
Eksan Rifai, Muh, 2014, Hubungan Kepercayaan Diri Dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Matematika, Skripsi: Jurusan Sains Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fajriana, Tri & Lintang Ratri, 2019, Memahami Pengalaman Body Shaming Pada Remaja Perempuan, ejournal3.undip.ac.id, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Flew, Terry, 2005, New Media: An Introduction (edia kedua), Oxford University Press
Ghazali, Milia, 2016, Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, Malaysia: Pubishing House
Ghufron dan Risnawita, 2011, Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Timous, Kris, 2017, Pengantar Metodelogi Penelitian, Yogyakarta: Andi Publisher
Karyanti & Aminudin, 2019, Cyberbullying & Body Shaming, Yogyakarta: K-Media
Kriyantono, Rachmat, 2012, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Lestari, Sumi, 2019, Jurnal: Bullying or Body Shaming? Young Women in Patient Body Dysmorphic Disorder (Philanthrophy Journal of Psychology. Vol 3 Nomor 1. Departement of Psychology, Universitas Brawijaya Malang
M. Hardjana, Agus, 2003, Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius
Martono, Nanang, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: Rajawali Pers
Mastuti dan Aswi, 2008, Kiat Percaya Diri, Jakarta: PT. Buku Kita
McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika
Morissan, 2012, Metode Penelitian Survei, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Morissan, 2013, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana
Mulyana, Deddy, 2008, Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munandar, Arif, 2022, Ilmu Komunikasi dan Statistik, Bandung: Media Sains Indonesia
Nasrullah, Rulli, 2014, Teori dan Riset Media Siber, Jakarta, Kencana: Prenamedia Group
Nasrullah, Rulli, 2017, Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media
Nur Ghufron, M, & Rini Risnawita S, 2011, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: AR-RUZZ
Nurudin, 2017, Pengantar Komunikasi Masssa, Jakarta: Rajawali Pers
Prastowo, Andi, 2016, Memahami Metode-Metode Penelitian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Rakhmat, Jalaludin, 2009, Metode Penelitian Komunikasi, Jakarta: Rosdakarya
Romli, M & Asep Syamsul, 2018, Jurnalistik Online, Bandung: Nuansa Cendekia
Ruslan, Rosady, 2012, Manajemen Public Relations, Jakarta: Rajawali Pers
S. Gassing, Suryanto, Syarifuddin, 2016, Public Relations, Yogyakarta: Andi Offset
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suhadi, & Siti Mudrika Zein, 2022, Teori dan Riset: Faktor Dominan Penentu Rasa Percaya Diri, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Suharsimi, Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sulianta, Feri, 2015, Keajaiban Sosial Media, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Sultra Rustan, Ahmad dan Nurhakki, 2017, Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: CV. Budi Utama
Uchjana Effendy, Onong, 2017, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Utari, Prahastiwi, 2011, Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi, Yogyakarta: Aspikom
Vicenovie Oisina Situmeang, Ilona, 2020, Media Konvesional dan Media Online, Yogyakarta: Ghara Ilmu
Wahidmurdi, 2017, Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif, Malang: UIN Malik Ibrahim
Widjaja, 2008, Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (Ed 1. Cet 5), Jakarta: PT. Bumi Aksara
Zikri Fachrul, Nurhadi, 2017, Teori Komunikasi Kontemporer, Depok: PT. Balebat Dedikasi
Sumber Lain:
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Website: https://kemenpppa.go.id/index.php/page/view/3
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v4i1.2303
Article Metrics
Abstrak views : 33 times
PDF views : 25 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 33 timesPDF views : 25 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.