ISI PESAN STOP BODY SHAMING DI INSTAGRAM @KEMENPPPA TERHADAP PERILAKU PERCAYA DIRI FOLLOWERS

arry rahayunianto

Abstrak


ABSTRAK. Fenomena body shaming masih menjadi pembahasan yang sering diperbincangkan di media sosial. Isu feminisme mengacu pada standar kesempurnaan yang biasanya ditunjukan kepada wanita atau laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh isi pesan Stop Body Shaming terhadap perilaku percaya diri di kalangan followers akun Instagram @Kemenpppa. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara isi pesan stop body shaming di akun Instagram @Kemenpppa terhadap perilaku percaya diri followers.


Kata Kunci


Kata kunci: Isi Pesan, Body Shaming, Perilaku Percaya Diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ananda Fitria, Surya, 2019, Dampak Body Shaming Sebagai Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan, Skripsi: Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Social Politik, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta

Asri, Asti, 2012, Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babelan, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. Universitas Negeri Jakarta

Cangara, Hafied, 2016, Pengantar Ilmu Komunikasi, Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Chairani, Lisya, 2018, Body Shaming dan Gangguan Makan Kajian Meta-Analisa. Fakultas Psikologi, Universitas Islan Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Danandjaja, 2015, Peranan Humas Dalam Perusahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Dwi Atmoko, Bambang, 2012, Instagram Handbook, Jakarta: Mediakita

Eksan Rifai, Muh, 2014, Hubungan Kepercayaan Diri Dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Matematika, Skripsi: Jurusan Sains Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fajriana, Tri & Lintang Ratri, 2019, Memahami Pengalaman Body Shaming Pada Remaja Perempuan, ejournal3.undip.ac.id, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Flew, Terry, 2005, New Media: An Introduction (edia kedua), Oxford University Press

Ghazali, Milia, 2016, Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, Malaysia: Pubishing House

Ghufron dan Risnawita, 2011, Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Timous, Kris, 2017, Pengantar Metodelogi Penelitian, Yogyakarta: Andi Publisher

Karyanti & Aminudin, 2019, Cyberbullying & Body Shaming, Yogyakarta: K-Media

Kriyantono, Rachmat, 2012, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group

Lestari, Sumi, 2019, Jurnal: Bullying or Body Shaming? Young Women in Patient Body Dysmorphic Disorder (Philanthrophy Journal of Psychology. Vol 3 Nomor 1. Departement of Psychology, Universitas Brawijaya Malang

M. Hardjana, Agus, 2003, Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Kanisius

Martono, Nanang, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: Rajawali Pers

Mastuti dan Aswi, 2008, Kiat Percaya Diri, Jakarta: PT. Buku Kita

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika

Morissan, 2012, Metode Penelitian Survei, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Morissan, 2013, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy, 2008, Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munandar, Arif, 2022, Ilmu Komunikasi dan Statistik, Bandung: Media Sains Indonesia

Nasrullah, Rulli, 2014, Teori dan Riset Media Siber, Jakarta, Kencana: Prenamedia Group

Nasrullah, Rulli, 2017, Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media

Nur Ghufron, M, & Rini Risnawita S, 2011, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: AR-RUZZ

Nurudin, 2017, Pengantar Komunikasi Masssa, Jakarta: Rajawali Pers

Prastowo, Andi, 2016, Memahami Metode-Metode Penelitian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Rakhmat, Jalaludin, 2009, Metode Penelitian Komunikasi, Jakarta: Rosdakarya

Romli, M & Asep Syamsul, 2018, Jurnalistik Online, Bandung: Nuansa Cendekia

Ruslan, Rosady, 2012, Manajemen Public Relations, Jakarta: Rajawali Pers

S. Gassing, Suryanto, Syarifuddin, 2016, Public Relations, Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suhadi, & Siti Mudrika Zein, 2022, Teori dan Riset: Faktor Dominan Penentu Rasa Percaya Diri, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi

Suharsimi, Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sulianta, Feri, 2015, Keajaiban Sosial Media, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sultra Rustan, Ahmad dan Nurhakki, 2017, Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: CV. Budi Utama

Uchjana Effendy, Onong, 2017, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya

Utari, Prahastiwi, 2011, Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi, Yogyakarta: Aspikom

Vicenovie Oisina Situmeang, Ilona, 2020, Media Konvesional dan Media Online, Yogyakarta: Ghara Ilmu

Wahidmurdi, 2017, Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif, Malang: UIN Malik Ibrahim

Widjaja, 2008, Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (Ed 1. Cet 5), Jakarta: PT. Bumi Aksara

Zikri Fachrul, Nurhadi, 2017, Teori Komunikasi Kontemporer, Depok: PT. Balebat Dedikasi

Sumber Lain:

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Website: https://kemenpppa.go.id/index.php/page/view/3




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v4i1.2303

Article Metrics

Abstrak views : 33 times
PDF views : 25 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats