PENGARUH INTENSITAS WAKTU BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA AKMRTV JAKARTA
Abstrak
ABSTRAK. Berkembangnya game online Mobile Legends di masyarakat tentu saja beragamnya karakter pengguna game online tersebut. Selain untuk bermain game Mobile Legends juga bisa digunakan untuk kompetisi dan sarana bisnis. Begitu juga dengan efek bermain game Mobile Legends jika dimainkan secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas waktu bermain game mobile legends terhadap interaksi sosial siswa AKMRTV Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survei – kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pendekatan teori yang digunakan adalah teori S – R. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa AKMRTV Jakarta, dimana sampelnya diambil dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh total 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas waktu bermain game mobile legends terhadap interaksi sosial siswa AKMRTV Jakarta. Selain itu terdapat pengaruh variabel X (intensitas waktu) bermain game mobile legends terhadap variabel Y (interaksi sosial) siswa AKMRTV Jakarta sebesar 33,2% dan sisanya sebesar 66,8% dapat dipengaruhi oleh variabel atau indikator lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurahman, M., Muhidin, S. A., & Somantri, A. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mulyana. 2007. Unsur Model Komunikasi.
Ponco Dewi K. 2018. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Juavani. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soerjono Soekanto. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar, Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi Mix Methods. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Jurnal:
A Maulida, D Imawati, SK Umaroh, et all. 2020. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Samarinda: Universitas 17 Agustus 1945.
A.M. Pj. Monks- Knoers P, Haditono Siti Rahayu, 2002. Psikologi Perkembangan; Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Alila P., Idola Perdini P., Reni N. 2014. Motif Remaja dalam Menggunakan Media Baru: studi pada remaja di daerah sub-urban kota Bandung. KomuniTi, Vol. VI. No.2. 95-103.
Andri Suryadi. 2017. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal PETIK Volume 3, Nomor 1.
Angeline Xiao. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
Candra Gunawan, 165010039. 2020. Pengaruh Game Online Mobile Legend Terhadap Interaksi Sosial Remaja di Rukun Warga 13 Kelurahan Tamansari Bandung. Skripsi(S1) thesis: FKIP UNPAS.
Ermawati, Ely. 2022. Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial pada Mahasiswa Fkip Universitas Islam Riau. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Hakiki, Choirul. 2019. Hubungan Kecanduan Game Online Mobile Legend Terhadap Interaksi Sosial pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Maulana Maliki Ibrahim Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Khalda Wulandari Kamal. 2023. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Waroeng Adiba Tangerang. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Kymlicka, W. 2007. Multiculturalism and The Welfare State: Recognition and Redistribution in Contemporary Democracies. Oxford: Oxford University Press.
Leonardo Dela Chrisma Wijaya, Tritjahjo Danny Soesilo, Umbu Tagela. 2022. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa Kauman Kidul Salatiga. Jurnal Wahana Konseling. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Mark Martin Andryan. 2022. Pengaruh Terpaan Iklan Mobile Legends di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Bermain Game Online. Jakarta: Akademi Komunikasi Media Radio Dan TV.
Musdalifah, Novita Indriani. 2017. Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda.
Muslim, A. 2013. Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 483-494.
Nurhadi, Zikri Fachrul, dan Achmad Wildan Kurniawan. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol.3 No.1.
Rosi Mukminum Barokah. 2022. Pengaruh Kecanduan Game Online Mobile Legends Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. Klaten: Universitas Widya Dharma.
Setyapratomo Anggi. 2019. Komparasi Hubungan Interpersonal Bagi Mahasiswa Bk Semester VIII Pecandu dan Aktif dalam Game Online (Mobile Legend) di Universitas Pancasakti Tegal. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
Sharen Gifary, Iis Kurnia N. 2015. Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Bandung: Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Surbakti, K. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere. FKIP Universitas Quality.
Suryadi, A. 2017. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8-13.
Yosua Falentino Rompas, John D. Zakarias, Evelin J.R. Kawung. 2023. Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Zikri Fachrul Nurhadi, Achmad Wildan Kurniawan. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Garut: Universitas Garut.
Website:
Miftahurrizky, A. 2013. Hubungan Interaksi Sosial Siswa Dengan SikapTerhadap Pembelajaran. Tesis Tidak Diterbitkan. Barung: Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial Politik Universitas Padjajaran Bandung, (Online), Http//Www.Azizmiftahurrizky. Blogspot.Com.
Bakri. 2015. Kecanduan Game Sebabkan Anak Obsesif. http://aceh.tribunnews.com/2015/01/20/kecanduan-game-sebabkan-anak-obsesif
Info Sport. 2022. Mobile Legends Rilis pada Tahun Berapa? Ini Sejarahnya. https://kumparan.com/info-sport/mobile-legends-rilis-pada-tahun-berapa-ini-sejarahnya-1xdzUSoHNKn/4
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v4i1.2184
Article Metrics
Abstrak views : 196 times
PDF views : 95 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 196 timesPDF views : 95 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.