PEMBERITAAN TENTANG VAKSIN COVID-19 dan KEPUTUSAN VAKSINASI COVID-19

Herta A. Soemardjo, Chendi Liana, Abdul Harif Siswanto

Abstrak


Studi ini dilatarbelakangi dengan maraknya pemberitaan dan perbincangan tentang vaksin dan vaksinasi COVID-19 di media massa, media sosial, maupun non media, pada saat masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui terpaan pemberitaan tentang vaksin COVID-19 dan keputusan vaksinasi COVID-19 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar angket kepada responden yang merupakan di peserta pelatihan “Pengemasan, Pemberian Merek, dan Promosi Produk.”di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, bulan Januari 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan berita tentang vaksin COVID-19 pada responden adalah tinggi, dan media yang paling banyak menjadi sumber berita tentang vaksin bagi repsonden adalah televisi. Media kedua yang menjadi sumber berita tentang vaksin bagi repsonden adalah grup whatsapp, kemudian instagram. Hasil penelitian tentang keputusan vaksinasi menunjukkan bahwa mayoritas responden menjalani vaksinasi COVID-19 karena ingin terhindar dari COVID-19. Alasan lain adalah karena keharusan dari tempat bekerja, serta kebutuhan untuk bepergian. Kesimpulan studi ini ialah bahwa terpaan pemberitaan tentang vaksin Covid-19 lebih banyak diperoleh melalui media massa dibanding melalui media sosial maupun percakapan langsung, sedangkan keputusan vaksinasi sesuai dengan fungsinya yakni agar terhindar dari COVID-19. Saran kepada pemerintah adalah agar untuk informasi-informasi yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak, senantiasa menggunakan media yang cenderung banyak digunakan khalayak sasaran, dan penyampaiannya menggunakan komunikator yang dipercaya khalayak .

Kata Kunci


Terpaan; Berita; Vaksin; Sikap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana

Ardianto Elvinaro, Lukiati Kumala, Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arifianto, S. 2018. Praktik Budaya: Media Digital dan Pengaruhnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arifin, Anwar. 2016. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PTRajaGrafindo Persada 29

__________. 2010. Opini Publik. Jakarta:Pustaka Grafindo Indonesia.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2017. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Hadiati, Nikmah. 2012. Opini Publik. Pasuruan: Lunar Jaya. KemenkesRI, Buku Saku Tanya Jawab Seputar Covid 19, Edisi

Pertama, Mei 2021, hal 12 -14)

Kriyantono, Rahmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu hingga Massa, edisi revisi. Jakarta:Kencana

Nasrullah, Rulli. 2018. Media Sosial:Perspektif Komunikasi,Budaya,dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Syahputra, Iswandi. 2018. Opini Publik.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Offset.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i1.1899

Article Metrics

Abstrak views : 55 times
PDF views : 42 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats