PENGARUH INFORMASI KENAIKAN HARGA GOJEK TERHADAP BRAND LOYALTY DI KALANGAN KARYAWAN BAPPENAS

Murnianasari Murnianasari, Husen Mony

Abstrak


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh Informasi Kenaikan Harga Gojek terhadap Brand Loyalty di Kalangan Karyawan Bappenas”. Sifat atau jenis peneIitian ini adalah penelitian kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta hubungan dari variabel informasi kenaikan harga dan brand loyalty dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan untuk mengukur brand loyalty pada penelitian ini yaitu cognitive loyalty, affective loyalty, conative loyalty, dan behavioral loyalty. Teori yang digunakan untuk mengukur kenaikan harga pada penelitian ini yaitu supply-demand, nilai tukar, mitra jasa, dan komponen harga. Penelitian ini menggunakan kuesioner google form sebagai instrumen untuk mengambil data responden. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 500 orang responden yaitu karyawan Bappenas dengan sampel sejumlah 83 orang responden yang diperoleh menggunakan rumus Yamane. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan pengukuran data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi kenaikan harga memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap loyalitas merek dan pengaruhnya sebesar 43,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh informasi kenaikan harga Gojek terhadap brand loyalty di kalangan Karyawan Bappenas.

Kata Kunci


Brand Loyalty; Gojek; Kenaikan Harga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arenggoasih, W. (2017). Pengaruh Brand Communica’tion, Service

Quality, da’n Brand Personality Anggota Dewan Terpilih melalui Brand Trust terhadap Brand Loyalty Pemilih (Studi Partai Politik Gerindra).Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi,

Creswell. (2017). Reseach Design:Pemdekatan Kualitatif, Kuantitatif. Yogyakarta’: Pustaka Belajar.

Fitriani, F. (2022). Presiden Go-Jek:ada 22 Juta Pengguna Aktif, 30%-40% di Jakarta.https://ekonomi.bisnis.com/read/20180

/98/798148/presiden-go-jek-ada-22-juta-pengguna-aktif-30-40-dijakarta

Hidayat, A. (2022). Jumlah Penumpang Ojek Online Turun karena Tarif Naik, Berikut Data Lengkapnya. https://bisnis.tempo.co/read/1643451/jumlah-penumpang-ojek-online-turun-karena-tarif-naik-berikut-data-lengkapnya

Korowa, E., Sumayku, S. & Asaloei,S. (2018) “Pengaruh Kelengkapan

Produk Dan Harga TerhadapPembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado),”Jurnal Administrasi Bisnis

Nurha’liza’, S. (2022). Ta’rif ojek online na’ik, ini stra’tegi Gojek ba’ntu driver teta’p da’pa’t order - A’NTA’RA’ News Ba’ngka’ Belitung. https://babel.antaranews.com/berita/300833/tarif-ojek-online-naik-ini-strategi-gojek-bantu-driver-tetap-dapat-order

Pranoto, I. M. A, & Giatari, I. G. A’. K. (2022). Membangun Brand Loyalty mobile banking berbasis Celebrity Endorsement Credibility. Media’ Sains Indonesia’.

Rachmadhaniyati, & Sanaji. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Costumer Engagement dengan Loyalitas Merek dan Kepercayaan sebagai Varia’bel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen,

Rachmawati, H. (2021). Komunikasi Merek Di Media Sosial &

Penerapannya Pada Tv Berita. DEEPUBLISH.

Rika, O., Suddin, A, & Widajanti, E. (2019). Pengaruh Komunika’si Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Kepercayan Merek sebagai Pemediasi. Jurnal Manajemen SumberDaya Manusia, 13(1).

Satria, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahan A-36. PERFORMA’: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis

Schultz, B. (2016). Brand communication, satisfaction, and trust as predictors of brand loyalty: the mediatormoderator effect of brand relationships. Marketing Intelligence & Planning

Siyoto, Sandu & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung. 15. Variano, V. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga. dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Merek Konsumen KeretaApi. AGORA




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i1.1897

Article Metrics

Abstrak views : 41 times
PDF views : 38 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats