Poster Sebagai Media Informasi Larangan Merokok

Muhammad Farisal Effendy, Rafi'i Rafi’i

Abstrak


Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan. Diantara sekian banyak kebiasaan manusia, ada salah satu kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka adalah merokok. Pemerintah menyadari bahwa tingkat kepedulian mahasiswa akan bahaya merokok sangat rendah. Mulai dari munculnya simbol-simbol larangan merokok dengan kalimat : “Kawasan Dilarang Merokok” pada Peraturan Gubernur no 88 tahun 2010. Teori yang digunakan dalam meneliti penelitian ini adalah teori inokulasi, teori ini mengasumsikan individu/kelompok yang lemah terhadap pemahaman informasi berupa persepsi akan semakin mudah dipengaruhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan rumus yamane maka sampel ang digunakan berjumlah 69 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data yang digunakan dalah mengelompokan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumuran masalah, dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.

Hasil penelitian menunjukan kategori efektif dengan jumlah frekuensi responden sebanyak 44 mahasiswa atau 55% berdasarkan indikator audience converage, audience response, communications impact, dan process of influence.


Kata Kunci


poster; media informasi; larangan merokok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, Linggar, 2012. Teori dan Profesi Kehumasan serta aplikasi di Indonesia,Jakarta : PT. Bumi Askara

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dkk, 2011. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, PT. Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations, Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arifin, Anwar. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Radja Grafindo Persada

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations : Teori dan Praktik, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Raja Graindo Persada, Jakarta

Djaja, Danan. 2015. Peran humas dalam Perusahaan, Bandung

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Hill, McGraw, 2005. Communication Theories: Perspectives, Process, and Contexts America, New York

Mulyana, Deddy. 2012. Komunikasi Massa, Widya Padjajaran,Bandung

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian,Bogor: Ghalia Indonesia

Nurjaman, Kadar Khaerul Umam, 2012. Komunikasi Public Relations, Bandung : Pustaka Setia

Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Rakhmat, Jallaludin. Metode Penelitian Komunikasi

Rosmawaty, 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi, PT. Widya Padjajaran

Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group

Severin, J Wener – Jr, James W. Tankard, 2009. Teori Komunikasi

Sejarah,Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Kencana, Jakarta

Silalahi, Ulber. 2009. MetodePenelitian Sosial,PT. Refika Aditama, Jakarta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

W. Gulo, 2002. Metodologi Penelitian,Jakarta: Grasind




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v4i2.1462

Article Metrics

Abstrak views : 753 times
PDF views : 804 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats