Poster Sebagai Media Informasi Larangan Merokok
Abstrak
Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan. Diantara sekian banyak kebiasaan manusia, ada salah satu kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka adalah merokok. Pemerintah menyadari bahwa tingkat kepedulian mahasiswa akan bahaya merokok sangat rendah. Mulai dari munculnya simbol-simbol larangan merokok dengan kalimat : “Kawasan Dilarang Merokok” pada Peraturan Gubernur no 88 tahun 2010. Teori yang digunakan dalam meneliti penelitian ini adalah teori inokulasi, teori ini mengasumsikan individu/kelompok yang lemah terhadap pemahaman informasi berupa persepsi akan semakin mudah dipengaruhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan rumus yamane maka sampel ang digunakan berjumlah 69 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data yang digunakan dalah mengelompokan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumuran masalah, dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.
Hasil penelitian menunjukan kategori efektif dengan jumlah frekuensi responden sebanyak 44 mahasiswa atau 55% berdasarkan indikator audience converage, audience response, communications impact, dan process of influence.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggoro, Linggar, 2012. Teori dan Profesi Kehumasan serta aplikasi di Indonesia,Jakarta : PT. Bumi Askara
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dkk, 2011. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, PT. Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations, Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Arifin, Anwar. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Radja Grafindo Persada
Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations : Teori dan Praktik, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Raja Graindo Persada, Jakarta
Djaja, Danan. 2015. Peran humas dalam Perusahaan, Bandung
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Hill, McGraw, 2005. Communication Theories: Perspectives, Process, and Contexts America, New York
Mulyana, Deddy. 2012. Komunikasi Massa, Widya Padjajaran,Bandung
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian,Bogor: Ghalia Indonesia
Nurjaman, Kadar Khaerul Umam, 2012. Komunikasi Public Relations, Bandung : Pustaka Setia
Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta
Rakhmat, Jallaludin. Metode Penelitian Komunikasi
Rosmawaty, 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi, PT. Widya Padjajaran
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group
Severin, J Wener – Jr, James W. Tankard, 2009. Teori Komunikasi
Sejarah,Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Kencana, Jakarta
Silalahi, Ulber. 2009. MetodePenelitian Sosial,PT. Refika Aditama, Jakarta
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta
W. Gulo, 2002. Metodologi Penelitian,Jakarta: Grasind
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v4i2.1462
Article Metrics
Abstrak views : 753 times
PDF views : 804 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 753 timesPDF views : 804 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.