Pengaruh Orientasi Pelayanan terhadap Komitmen Organisasi di Hotel Sofyan Betawi Jakarta

Susy Bhudiharty, Iemas Dwi Mutriharti, Levyda Levyda

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pelayanan terhadap komitmen organisasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Kuesioner terkait orientasi pelayanan dan komitmen organisasi didistribusikan kepada karyawan Hotel Sofyan Betawi Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sofyan Hotel Betawi sudah cukup berorientasi pada pelayanan. Orientasi pelayanan dan komitmen organisasi termasuk kategori cukup tinggi yang berarti karyawan Hotel Sofyan Betawi berkomitmen terhadap orientasi pelayanan dan orientasi pelayanan. Nilai terendah dari variabel orientasi pelayanan terdapat pada indikator pencegahan kegagalan pelayanan. Secara keseluruhan variabel orientasi pelayanan termasuk kategori cukup berorientasi pada pelayanan. Adapun nilai terendah dari variabel komitmen organisasi terdapat pada indicator continuance commitment. Secara keseluruhan variabel komitmen organisasi termasuk kategori cukup komitmen. Kesimpulan menunjukkan adanya pengaruh orientasi pelayanan terhadap komitmen organisasi.


Keywords


Orientasi Pelayanan, Komitmen Organisasi.

Full Text:

PDF

References


Rahadian, Aditya. 2008. Pengaruh Orientasi Pelayanan terhadap Kepuasan Kerja dan

Komitmen Organisasi pada Industri Perhotelan (Studi Kasus : Karyawan Hotel

Bintang Tiga di Kota Cirebon).

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta : PT Raja Grafindo

Persada.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Hendry, Supartha dan Dewi. 2017. Pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen

Organisasional dan Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Negeri Sipil di RSUD

Wangaya Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol. 6,

N0. 2, pp. 2731-2760.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang : Universitas Brawijaya Press.

Khaerul, Umam. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung : CV Pustaka Setia.

Lynn, Lytle and Bobek. 2000. Service Orientation in Transitional Markets : Does it Matter?.

Eouropean Journal of Marketing, Vol.34 No. 3/4, pp. 279-298.

Permana Budi, Agung. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta : CV Andi

Offset.

Rangkuti, Freddy. 2016. Customer Care Excellence : Meningkatkan Kinerja Perusahaan

melalui Pelayanan Prima plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta : PT Gramedia

Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Jakarta : Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna V. 2015. Metodologi Penelitian-Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka

Barupress.

Wike dan Meily. 2012. Pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen Organisasi dan

Organization Citizenship Behavior. Jurnal Manajemen. Vol 11 No. 2.




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v1i1.81

Article Metrics

Abstract views : 736 times
PDF views : 531 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats