PENGARUH PENGALAMAN EMOSIONAL, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, REPUTASI, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Abstrak
Pengalaman emosional yang negatif akan berpengaruh pada penurunan reputasi, dikarenakan electronic word of mouth yang dilakukan oleh konsumen yang tidak puas akan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa transportasi Lion Air dengan sampel berjumlah 100 responden. Teknis analisis menggunakan SMART PLS 3.0 terdiri atas tiga macam, yaitu uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh pengalaman emosional, e-Wom dipengaruhi oleh pengalaman emosional, reputasi tidak dipengaruhi oleh pengalaman emosional, loyalitas tidak dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, e-Wom dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, reputasi dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, loyalitas dipengaruhi oleh reputasi, reputasi dipengaruhi oleh e-Wom, dan loyalitas dipengaruhi oleh e-Wom.
Kata Kunci: pengalaman emosional, e-Wom, kepuasan konsumen, reputasi, loyalitas.
Full Text:
71-81DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v3i2.208
Article Metrics
Abstract views : 1363 times
71-81 views : 935 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Article Metrics
Abstract views : 1363 times71-81 views : 935 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Recommended Tools:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats