ANALISIS SWOT DALAM PENGEMBANGAN BISNIS: STUDI KASUS STANLEY PATISSERIE & RESTO

Andi Andi, Aulia Aziva Isanti, Fitri Indrayani, Nisful Nur Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi posisi Stanley Patisserie & Resto secara internal dan eksternal, serta mengembangkan alternatif strategis yang dapat diterapkan Stanley Patisserie untuk dapat diadopsi sesuai dengan kebutuhannya. Objek penelitiannya adalah Stanley Patisserie & Resto. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling. Informan penelitian ini berjumlah 3 orang yang meliputi manajer, karyawan dan salah satu konsumen Stanley Patisserie & Resto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis matriks IFE dengan skor tertimbang sebesar 2,93 dan matriks EFE dengan skor tertimbang sebesar 2,97 dapat disimpulkan bahwa Stanley Patisserie & Resto memiliki kemampuan merespon dengan cukup baik terhadap kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal. Analisis matriks SWOT yang dilakukan dapat membantu Stanley Patisserie & Resto mengadaptasi strategi-strategi yang relevan bagi kelangsungan usaha yang dijalankan.


Keywords


Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Strategi Bisnis.

Full Text:

84-92


DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v6i2.1755

Article Metrics

Abstract views : 42 times
84-92 views : 23 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks



Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats