ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK PADA REMAJA DI DENPASAR SAAT PANDEMI

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i1.667

Penulis

  • Nuning Indah Pratiwi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Nasional, Bali
  • Achmad Husen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Nasional, Bali

Kata Kunci:

Aplikasi Tik Tok, Depedensi Media, Media sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan aplikasi Tik Tok pada remaja di Denpasar saat pandemi. Tipe penelitian ini adalah Kualitatif menggunakan teknik penentuan informan dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Data yang di peroleh di olah dengan analisis data untuk memberi gambaran tentang masalah yang di bahas dalam penelitian ini menggunakan Teori Depedensi atau juga Teori ketergantungan Media. Remaja akhir yang berumur 18 hingga 21 tahun menggunakan aplikasi Tik Tok sebagai menghilangkan Penat di kala Pandemi corona, Tik Tok juga sebagai Media Representasi karena Tik Tok adalah Media Sosial. Representasi Remaja akhir dapat dilihat dari konten yang di sukai bahkan konten yang dibuat oleh Remaja itu sendiri.

Referensi

Ardianto, dan Erdinaya. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, cetakanKedua.Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Aridianto, Elvinaro dan Lukiati komala. 2007. Komunikasi Massa revisi.Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta.

Ayun, P.Q. 2015. Fenomena Remaja Menggunakan Sosial Media dalam

Membentuk Identitas. Jurnal FISIP, Vol. 3, No. 2.

Dwi Putri Robiatul Adawiyah, 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi

TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang.

Jurnal Volume 14 No 2 September 2020 (135-148) Ball-Rokeach, S.

J., Grant, A., & Horvath, A. 1995. A scale for measuring media

dependency.Finkelstein, Joanne 2007.The Art of Self Invention Image and Identity in Popular Visual Culture. LondonNew York : I.B Tauris & Co. LtdFulton, William & Harris, Joe. (2004).

Representation Theory “A First Courseâ€. Springer Science &

Business MediaHall, Stuart. 1997. Representation’s Meaning. Jakarta: Gramedia

Harper, D. 2012. Visual Sociology. USA and Canada: Routledge

Joseph, Paul. 2017. The SAGE Encyclopedia of War: Social Science Perspectives Chapter Title: "Dependency Theory". SAGE Publications, Inc. Thousand Oaks.

Kabonga, Itai. (2017). Dependency Theory and Donor Aid: A Critical

Analysis. University of The Witwatersrand.51Los Angeles, CA: Annenberg School of Communication Grant, A. E.,

Guthrie, K. K., & Ball-Rokeach, S. J. 1991. Television shopping:

media system dependency perspective. Communication Research 18(6): 773-798.

Meike dan Young. 2012. Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media

terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik

Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulawarman, Aldila Dyas Nurfitri. 2017. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial

Terapan. Universitas Katolik Soegijapranata.

Rumyeni, Evawani Elysa Lubis, Nita Rimayanti. 2017.Ketergantungan

Media Online di Kalangan Mahasiswa Universitas. Vol. 3, No.1, Jurnal Komunikasi Dan Bisnis UNRI.

Subiakto, Henry & Rachmah Ida, 2012.Komunikasi Politik,Media,dan

Demokrasi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.

Bandung: Alfabeta CV.

Wang, Wei. (2001). Internet Dependency and Psychosocial Maturity.

Rockhampton, Australia

Diterbitkan

2021-06-02