ANALISIS ISI MEDIA DALAM ISU KONSERVASI SPESIES LAUT DI INDONESIA(STUDI LIPUTAN MEDIA DARING UNTUK HIU DAN PARI MANTA)
Kata Kunci:
Analisis Isi, Agenda Media, Hiu dan ParimantaAbstrak
Narasi penting tentang hiu dan pari manta yang diungkapkan kepada publik seharusnya menyoroti kerentanan hiu karang di ekosistem pesisir Indonesia. Diantaranya menunjukkan, dorongan alat tangkap, perawatan sirip hiu di habitatnya, dan betapa mendesaknya perlindungan berbagai spesies hiu dan manta dari laju perdagangan saat ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Indonesia belum memberikan kontribusi yang optimal dalam peliputan konservasi hiu dan pari manta di Indonesia, karena masalah pemilihan “nilai berita†dan keterbatasan pengetahuannya. Hal ini terkait juga dengan proses pemilahan berita atau yang dikenal dengan media gatekeeping. Opsional untuk agenda masa depan narasi media perlu bertujuan untuk menelusuri rantai perdagangan hiu dan pari yang ada, dan untuk memantau penegakan hukum dan efektivitas kebijakan. Identifikasi jalur perdagangan menjadi prioritas penting, karena dengan mengetahui seluruh jalur produsen, pengumpul hingga konsumen, narasi lengkap di setiap tahap dapat ditampilkan dengan lebih baik.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Atmakusumah. 1996. Mengangkat Masalah Lingkungan ke Media Massa. Lembaga Pers Dr.Sutomo dan Yayasan Obor Indonesia,Jakarta.
Creswell, J. W. 1998. Qualitative Inquiry andResearch Design: Among Five Approch.California. Sage Publications.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi. Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu SosialLainnya. Penerbit: Kencana PrenadaMedia Group
Griffin, E.M. 2003. A First Look At Communication Theory, Fifth edition. New York, McGraw Hill
Hamad, I. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadapBerita-Berita Politik. Yayasan OborIndonesia.
Haryanto. 2003. Metode Penelitian Komunikasi: Agenda Setting. Surakarta: FISIP ProgramStudi Komunikasi Massa UNS.
Jenkins, H. 2006. Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New YorkUniversity Press.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2008. TeoriKomunikasi. Penerbit
Salemba Empat.
Mc Quail, Denis, 2001. Teori Komunikasi Massa, Suatu
Pengantar, edisi kedua, PenerbitErlangga.30
Rencana Aksi Nasional (RAN) Konservasi dan Pengelolaan Hiu dan Pari 2016 – 2020. 2015.Direktorat Jenderal Pengelolaan RuangLaut Kementerian Kelautan danPerikanan.
Sigit, R.R. 2016. Konservasi Hiu dan Pari Manta: Kajian Strategi Komunikasi. WCS-IP. Wright Charles R. 1988. Sosiologi Komunikasi Massa,
Ed. Jalaluddin Rakhmat. Penerbit: Remadja Karya
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal The Source dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
Setiap terbitan Jurnal Source elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.