PERAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS ERHA ULTIMATE ANTI AGING BAGI PENGIKUT AKUN INSTAGRAM WULAN GURITNO
Abstrak
ABSTRAK. ERHA melakukan inovasi dengan membuat brand yang focus terhadap solusi klinis konsumennya. Salah satu diantaranya adalah ERHA ULTIMATE ANTI AGING, dimana disaat tahap awal peluncuran brand ini, tentunya dibutuhkan brand exposure agar bisa mencapai brand awareness yang baik. Sehingga penggunaan strategi influencer marketing menjadi salah satu kegiatan marketing yang dilakukan. ERHA ULTIMATE ANTI AGING memilih artis Wulan Guritno sebagai influencer di fase peluncuran brand tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer terhadap pengikut akun Instagram Wulan Guritno yang menjadikan merek ERHA ULTIMATE ANTI AGING sebagai merek yang ada di Top of Mind mereka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Organisme-Respon. Teori S-O-R adalah teori komunikasi linear yang paling tua. Teori Stimulus merupakan proses komunikasi yang berjalan secara satu arah. Dari efek yang ditimbulkan oleh media, memungkin kan adanya perbedaan antara individu satu dengan individu lainya. Dan menggunakan teknik Purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut pautnya dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya, dengan begitu sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan followers dari akun Instagram Wulan Guritno. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhdap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING menunjukan t hitung 3,298 dan p value (sig) sebesar 0,00 yang dibawah alpha 5% artinya ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING. Hasil penelitian dapat menerima hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING bagi pengikut akun instagram Wulan Guritno†besaran koefisien pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING adalah 70,8%.Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal The Source dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
Setiap terbitan Jurnal Source elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.