Analisis Peran Preferensi Konsumen dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa di Karawang

https://doi.org/10.36441/mae.v8i1.2518

Authors

Keywords:

Keputusan Pembelian, Perceived Value, Preferensi Konsumen

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengetahui peran dari preferensi konsumen dan perceived value terhadap keputusan pembelian mereka untuk kopi Janji Jiwa Karawang secara parsial dan simultan. Kuantitatif kausalitas adalah metode penelitian yang digunakan. Populasi yang dituju merupakan orang-orang yang membeli kopi Janji Jiwa di Karawang adalah. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 orang karena ketidakpastian dalam menghitung jumlah populasi. Data yang digunakan merupakan data asli yang diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa preferensi konsumen mempengaruhi secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa di Karawang. Perceived value juga mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada kopi Janji Jiwa di Karawang. Selanjutnya juga secara bersama-sama preferensi konsumen dan perceived value adalah sebesar 57,4%, sedangkan sebanyak 42,6% dari variabel keputusan pembelian dapat dijabarkan dengan variabel lain.

Author Biography

Ajat Sudrajat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Penelitian ini disusun untuk mengetahui peran dari preferensi konsumen dan perceived value terhadap keputusan pembelian mereka untuk kopi Janji Jiwa Karawang secara parsial dan simultan. Kuantitatif kausalitas adalah metode penelitian yang digunakan. Populasi yang dituju merupakan orang-orang yang membeli kopi Janji Jiwa di Karawang adalah. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 orang karena ketidakpastian dalam menghitung jumlah populasi. Data yang digunakan merupakan data asli yang diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa preferensi konsumen mempengaruhi secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa di Karawang. Perceived value juga mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada kopi Janji Jiwa di Karawang. Selanjutnya juga secara bersama-sama preferensi konsumen dan perceived value adalah sebesar 57,4%, sedangkan sebanyak 42,6% dari variabel keputusan pembelian dapat dijabarkan dengan variabel lain.

References

Almaida, A., Setiawan, R., & Ramadhani, S. K. (2019). Advertising, perceived value, social influence and purchase mangament. International Journal of Supply Chain Management, 8(5), 266–274.

Fatmawati, I., Abiyyu Fathin, A., & Jaroenwanit, P. (2023). Understanding how customers shape purchase decisions in the e-commerce marketplace. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 15(2), 229–254. https://doi.org/10.26740/bisma.v15n2.p229-254

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro Semarang.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publications Inc.

Kalesaran, A., Kindangen, P., C Pandowo, M. H., Kalesaran, A., Kindangen, P., & C Pandowo, M. H. (2023). a Comparative Study of Consumer Preference Between Kopi Kenangan and Black Cup Coffee Customers Studi Komparatif Preferensi Konsumen Antara Pelanggan Kopi Kenangan Dan Black Cup. 11(02), 375–384.

Khakamulloh, M., Mayasari, M., & Yusup, E. (2020). Analisis pola komunikasi budaya ngopi di komunitas Karawang Menyeduh. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 96. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1.28887

Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2022/2021? https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

Muhamad, N. (2023). 10 Restoran dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/index.php/infografik/2023/10/16/10-restoran-dengan-jumlah-gerai-terbanyak-di-indonesia-pada-2022#:~:text=Berdasarkan laporan USDA%2C Kopi Janji,mencapai 1.100 gerai pada 2022.&text=Kopi Janji Jiwa menjadi brand kopi yang memiliki gerai terbanyak di Indonesia

Nurochim, A. Z., Suroija, N.-, & Supaya, S.-. (2022). Analysis of Perceived Value and Social Influence as an Influence of Consumer’s Purchase Decision Iphone Users in Semarang City. JOBS (Jurnal Of Business Studies), 8(2), 107. https://doi.org/10.32497/jobs.v8i2.4102

Sahabbudin, R., Maulana Arif, H., Natalia, S., Astina, L., Anafani, S., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Jurnal Mirai Management Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Kopi Kenangan di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(2), 349–363.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). John Wiley.

Siranggih, H., Sitohang, R., & Surbakti, S. C. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Methodist Indonesia ). Jurnal Ilmiah Smart, V(2), 387–394.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sundari, R. (2023). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Makanan Beku / Frozen Food Di Kota Pekanbaru ( Studi Kasus Comel Frozen Food ). 2(3), 203–209.

Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 73–79. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/10442

Yang, F., Tang, J., Men, J., & Zheng, X. (2021). Consumer perceived value and impulse buying behavior on mobile commerce: The moderating effect of social influence. Journal of Retailing and Consumer Services, 63(July), 102683. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102683

Published

2025-06-03