Komparasi Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja

https://doi.org/10.36441/mae.v2i2.101

Authors

  • Eka Suhartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Makassar
  • Aprisal Aprisal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Makassar
  • Muhammad Akil Rahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Makassar

Keywords:

reward, punishment, motivasi kerja.

Abstract

Perusahaan transportasi berbasis aplikasi online Gojek dan Grab memiliki perbedaan mendasar pada perlakuan terhadap mitra pengemudi, walaupun memiliki penawaran produk/jasa identik. Penelitian ini menganalisis komparasi pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi kerja para pengemudi, berdasarkan keunikan insentif masing-masing perusahaan. Secara kuantitatif, dilakukan survei menggunakan kuesioner pada pengemudi Gojek dan Grab di Kota Makasar. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi kerja driver transportasi berbasis aplikasi online. Secara komparatif, terdapat perbedaan pada dua perusahaan tersebut, di mana perusahaan Gojek memiliki sistem reward dan punishment yang lebih baik dalam mendorong motivasi pengemudi.

References

Ahmad, I., Said, H., & Khan, F. (2013). Effect of Corporal Punishment On Students’

Motivation And Classroom Learning. Review of European Studies, 5(4), pp 130-134.

Amar, M. Y., Syariati, A., & Rahim, F. R. (2019). Enhancing Hotel Industry Performance

through Service Based Resources and Strategic Entrepreneurship (Case Study At

Hotel Industries In Indonesia). Academy of Entrepreneurship Journal.

Awaluddin, M. (2018). Penguatan Peran Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi dalam

Mengoptimalkan Kinerja Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melalui

Kepuasan Kerja. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), pp 53-67.

Cameron, J., Banko, K. M., & Pierce, W. D. (2001). Pervasive Negative Effects of Rewards

on Intrinsic Motivation: The Myth Continues. Behavior Analyst, 24, pp 1-44.

Cameron, J., & Pierce, W. D. (1994). Reinforcement, Reward, and Intrinsic Motivation: A

MetaAnalysis. Review of Educational Research, 64(3), pp 363-423.

Carlsmith, K. M., Darley, J. M., & Robinson, P. H. (2002). Why Do We Punish? Deterrence

And Just Deserts As Motives For Punishment. Journal of Personality and Social

Psychology, 83(2), pp 284-299.

Eisenberger, R., Pierce, W. D., & Cameron, J. (1999). Effects of Reward on Intrinsic

Motivation. Psychological Bulletin, 125 (6), pp 677-691.

Fauzan, H., Humaira, C., & Wicaksono, A. T. S. (2019). Manajemen Sumberdaya Manusia

Bank Syariah: Dapatkah Meningkatkan Kinerja Karyawan Kontrak?. Jurnal Minds:

Manajemen Ide dan Inspirasi, 6(1), pp 77-95.

Griffin. (2014). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Hendijani, R., Bischak, D. P., Arvai, J., & Dugar, S. (2016). Intrinsic Motivation, External

Reward, and Their Effect on Overall Motivation And Performance. Human

Performance, 29, pp 251-274.

Holmås, T. H., Kjerstad, E., Lurås, H., & Straume, O. R. (2010). Does Monetary Punishment

Crowd Out Pro-Social Motivation? A Natural Experiment On Hospital Length Of Stay.

Journal of Economic Behavior and Organization, 75(2), pp 261-267.

Lunenburg, F. C. (2011). Expectancy Theory of Motivation : Motivating by Altering

Expectations. International Journal of Business Administration.

Mangkunegara. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.

Bandung.

Murty, V. P., LaBar, K. S., & Alison Adcock, R. (2012). Threat of Punishment Motivates

Memory Encoding Via Amygdala, Not Midbrain, Interactions With The Medial

Temporal Lobe. Journal of Neuroscience, 32(26), pp 8969-8976.

Robbins, T. W., & Everitt, B. J. (1996). Neurobehavioural mechanisms of reward and

motivation. Current Opinion in Neurobiology.

Sule, T.E, & Saefullah, K. (2014). Pengantar Manajemen. Jakarta : Kencana.

Sanubari, F. T., & Amalia, S. (2019). Gambaran Kepuasan Kerja Pada Pengemudi Layanan

Jasa Transportasi Ojek Online. Cognicia, 7(1).