SOSIALISASI DESAIN KEMASAN SEBAGAI DAYA TARIK PRODUK BAGI UMKM MAKANAN DAN MINUMAN JAKPRENEUR WILAYAH JAKARTA SELATAN
Keywords:
Industri Kreatif, UMKM, KemasanAbstract
Perekonomian Indonesia khususnya ekonomi kreatif sudah masuk peringkat tiga besar dunia dari presentase terhadap produk domestic bruto (PDB). Indonesia berada di bawah Amerika dengan industry Hollywood dan korea dengan K-Pop. Salah satu upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian melalui kementrian Koperasi dan UMK, dengan menghadirkan program yang tepat sasaran dan efektif bagi para pelaku UMKM. Caranya dengan memberikan pelatihan, sosialisasi dan pendampingan kepada para pelaku UMKM yang sesuai dengan kendala yang dihadapi dalam memasarkan produknya ke pasar. Salah satu kendala yang banyak dihadapi pelaku UMKM adalah pengemasan produk yang kurang menarik yang belum dapat menonjolkan keunikan dari produk.References
Arif, N. 2020. Strategi UMKM Dalam Menghadapi New Normal. Dipetik dari suara.com: https://www.suara.com/yoursay/strategi-umkm-dalam-menghadapi-new-normal
Fadilah Nur Azizah, Igo Fadilah Ilham, Liza Putri Aqidah, Safira Aliyani Firdaus, Setyani Agung DwiAstuti, Imam Buchori. 2020. Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Journal of Ecomics. Volume 5 Nomer 1, 46-62.
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Uasaha Besar (UB) tahun 2017-2018. Diambil kembali dari https://www.depkop.gp.id/data-umkm
Kotler and Amstrong. 2018. Principal Marketing. Edition 17e. Global Edtion. Pearson. United Kingdom.
Jacky Mussry dan Ardhi Ridwansyah. 2018. UKM Zaman Now. Markplus Inc. PT Gramedia. Jakarta
Lili Marlinah. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi. Volume 22 Nomor 2, 118 – 124.
Novika, S. 2020. Bakal Ada New Normal, UMKM:Manimak Goyangan Ekonomi Muncul. Diambil kembali dari Detik Finance: https://m.detik.com/
Nofianti, L. 2020. Solusi UMKM di New Normal. Dipetik Juni 24, 2020, dari https://uin- suska.ac.id/2020/06/16solusi-umkm-di-new-normal/
Wulan Ayodya. (2020). UMKM 4.0. Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Gramedia. Jakarta.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








