PENGARUH DAMPAK APLIKASI, KEMUDAHAN INFORMASI, DAN KEMUDAHAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK GOPAY DALAM BERTRANSAKSI DI UMKM CBD JAKARTA

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i2.56

Authors

  • Benedicta Evienia Prabawanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jl. Jend. Sudirman No.51, Karet Semanggi, Jakarta Selatan
  • Marsiana Luciana Sitanggang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jl. Jend. Sudirman No.51, Karet Semanggi, Jakarta Selatan
  • Thia Margaretha Tarigan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jl. Jend. Sudirman No.51, Karet Semanggi, Jakarta Selatan

Keywords:

Aplikasi, keputusan pengguna, uang elektronik.

Abstract

Artikel ini ingin melihat pengaruh dampak aplikasi, kemudahan informasi dan kemudahan aplikasi gopay dalam keputusan penggunaannya dalam bertransaksi. Gopay merupakan salah satu alat pembayaran berupa uang tapi jenisnya virtual. Artikel ini memuat hasil penelitian yang mengambil 100 responden, responden tersebut adalah pembeli makanan yang transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan uang elektronik gopay. Dari hasil pengolahan data hasil kuesioner, ternyata dampak aplikasi dan kemudahan aplikasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan uang elektronik gopay, sdangkan kemudahan informasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. kesimpulan ini dapat dilihat dari nilai t statistic dan p value yang dihasilkan dari pengolahan data menggunakan software pls untuk setiap hipotesis.

References

Bank Indonesia. (2018). http://www.bi.go.id

Beck, T., Demirgüç-Kunt, A., & Honohan, P. (2009). Access to financial services:

Measurement, impact, and policies. The World Bank Research Observer, 24(1),

-145.

Hasan, A. S. MM,(2013). Marketing dan Kasus–Kasus Pilihan. Yogyakarta, CAPS

(Center for Academic Publishing Service).

Kartono, K., Munthe, A. G., & Witono, B. M. (1980). Pedagang Kaki Lima sebagai realita

urbanisasi dalam rangka menuju Bandung kota indah. Universitas Katolik

Parahyangan.

Lukman Ali, D. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. M.

Shiddiq, KH. Nation State dan Khilafah, 4.

Milne, A., & Parboteeah, P. (2016). The business models and economics of peer-to-peer

lending.

Parastiti, D. E., Mukhlis, I., & Haryono, A. (2015). Analisis penggunaan uang elektronik

pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri malang (studi kasus: uang

elektronik brizzi). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 75-82.

Poerwadarminta, W. J. S. (1954). Kamus umum bahasa Indonesia. Perpustakaan

Perguruan Kementerian PP dan K..

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi

Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Singh, S. (1999). Electronic money: understanding its use to increase the effectiveness of

policy. Telecommunications Policy, 23(10-11), 753-773.

Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., &

Farina, T. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT.

Published

2021-02-14