PENGARUH DAMPAK APLIKASI, KEMUDAHAN INFORMASI, DAN KEMUDAHAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK GOPAY DALAM BERTRANSAKSI DI UMKM CBD JAKARTA
Keywords:
Aplikasi, keputusan pengguna, uang elektronik.Abstract
Artikel ini ingin melihat pengaruh dampak aplikasi, kemudahan informasi dan kemudahan aplikasi gopay dalam keputusan penggunaannya dalam bertransaksi. Gopay merupakan salah satu alat pembayaran berupa uang tapi jenisnya virtual. Artikel ini memuat hasil penelitian yang mengambil 100 responden, responden tersebut adalah pembeli makanan yang transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan uang elektronik gopay. Dari hasil pengolahan data hasil kuesioner, ternyata dampak aplikasi dan kemudahan aplikasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan uang elektronik gopay, sdangkan kemudahan informasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. kesimpulan ini dapat dilihat dari nilai t statistic dan p value yang dihasilkan dari pengolahan data menggunakan software pls untuk setiap hipotesis.References
Bank Indonesia. (2018). http://www.bi.go.id
Beck, T., Demirgüç-Kunt, A., & Honohan, P. (2009). Access to financial services:
Measurement, impact, and policies. The World Bank Research Observer, 24(1),
-145.
Hasan, A. S. MM,(2013). Marketing dan Kasus–Kasus Pilihan. Yogyakarta, CAPS
(Center for Academic Publishing Service).
Kartono, K., Munthe, A. G., & Witono, B. M. (1980). Pedagang Kaki Lima sebagai realita
urbanisasi dalam rangka menuju Bandung kota indah. Universitas Katolik
Parahyangan.
Lukman Ali, D. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. M.
Shiddiq, KH. Nation State dan Khilafah, 4.
Milne, A., & Parboteeah, P. (2016). The business models and economics of peer-to-peer
lending.
Parastiti, D. E., Mukhlis, I., & Haryono, A. (2015). Analisis penggunaan uang elektronik
pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri malang (studi kasus: uang
elektronik brizzi). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 75-82.
Poerwadarminta, W. J. S. (1954). Kamus umum bahasa Indonesia. Perpustakaan
Perguruan Kementerian PP dan K..
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Singh, S. (1999). Electronic money: understanding its use to increase the effectiveness of
policy. Telecommunications Policy, 23(10-11), 753-773.
Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., &
Farina, T. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








