KAPABILITAS INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN PADA UKM PASAR WISATA: STUDI FENOMENOLOGI

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i1.176

Authors

  • Rina Sulistiyani Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas DR. Soetomo Jl. Semolowaru 84 Surabaya
  • Djumilah Hadiwidjojo Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang
  • Ubud Salim Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang

Keywords:

Entrepreneurship, Innovation, Phenomenology, SMEs

Abstract

Era disruptif saat ini telah menimbulkan berbagai peluang, sekaligus tantangan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan mengidenfikasi sikap-sikap dan perilaku inovatif pengrajin di kawasan pasar wisata Tanggulangin-Sidoarjo. Penelitian didisain menggunakan paradigma interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dan observasi, dengan melibatkan lima orang informan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif, orientasi jangka panjang, trend setter, pelopor pasar, kesuksesan, keikhlasan berbagi ilmu, dan senang tantangan merupakan determinan perilaku inovatif. Sedangkan perilaku inovatif tercermin dalam kemampuan pengrajin memodifikasi dan memperbaiki disain, merubah teknik jahit, inovasi bahan, inovasi teknologi proses produksi, dan menciptakan keunggulan yang sulit ditiru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keberhasilan inovasi bisa dicapai dengan menciptakan keseimbangan antara aspek wira dan aspek usaha dalam diri pengrajin.

References

Arend, R. J. (2014). Entrepreneurship and dynamic capabilities: how firm age and size

affect the ‘capability enhancement–SME performance’relationship. Small Business

Economics, 42(1), 33-57.

Charan, R. Cooper, R.G. (2008). Why Innovation Matters. Fast

Company.http://www.fastcompany.com/node/874798/print. Diakses 10 Februari

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing

among five approaches. Sage publications.

Ellitan, L., & Anatan, L. (2007). Strategi Bersaing dalam Service Driven Economy. CV

Andi Offset: Yogyakarta.

Guido, C., & Pierluigi, R. (2010). Dynamic Capabilities to Manage Innovation Strategies

in SMEs. In ICSB World Conference Proceedings (p. 1). International Council for

Small Business (ICSB).

Jenssen, J. I., & Nybakk, E. (2013). Inter-organizational networks and innovation in

small, knowledge-intensive firms: A literature review. International Journal of

innovation management, 17(02), 1350008.

Koellinger, P. (2008). Why Are Some Entrepreneurs More Innovative Than Others?.

http://www.ssrn.com. Diakses 13 November 2017.

Le Bas, C., & Laužikas, M. (2010). Cooperation and partnership in the innovation

process: the case of the information technology sector in Lithuania. IntelektinÄ—

ekonomika, (1), 7-17.

McKelvie, A., & Davidsson, P. (2009). From resource base to dynamic capabilities: an

investigation of new firms. British Journal of Management, 20, S63-S80.

Najafian, M., & Colabi, A. M. (2014). Inter-organizational Relationship and Innovation:

A Review of Literature. Global Business & Management Research, 6(1).

Raco, J. (2018). Metode Fenomenologi Aplikasi Pada Etrepeneurship.

Rahab dan Sudjono. (2012). Pengembangan Kapabilitas keinovasian IKM berbasis Pada

Orientasi kewirausahaan dan Pembelajaran Organisasional. Jurnal Inovasi dan

Kewirausahaan, 1(1): 29-37

Reniati. (2013). Kreativitas Organisasi dan Inovasi Bisnis Implementasi pada IKM

Berbasis Kreativitas dan Budaya Menuju Keunggulan Bersaing Global, Cetakan

Kedua, Alfabeta, Bandung

Robinson, S., & Stubberud, H. A. (2011). Important effects of innovation: Norwegian

SMES. In Allied Academies International Conference. Academy for Studies in

International Business. Proceedings (Vol. 11, No. 1, p. 35). Jordan Whitney

Enterprises, Inc.

Teece, D. J., Pisano, G., & Shuen, A. (1997). Dynamic capabilities and strategic

management. Strategic management journal, 18(7), 509-533.

Yiu, D. W., & Lau, C. M. (2008). Corporate entrepreneurship as resource capital

configuration in emerging market firms. Entrepreneurship Theory and

practice, 32(1), 37-57.

Zahra, S. A., Sapienza, H. J., & Davidsson, P. (2006). Entrepreneurship and dynamic

capabilities: A review, model and research agenda. Journal of Management

studies, 43(4), 917-955.

Published

2021-02-14