HARGA DAN PROMOSI SEBAGAI FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PT. PIONIR ALFA SEJAHTERA (PASHOUSES)
Keywords:
Harga, Promosi, Pengaruh, KeputusanAbstract
Tujuan penelitian yaitu: 1. Menganalisis pendapat konsumen mengenai harga rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 2. Menganalisis promosi yang dilakukan oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 3. Menganalisis keputusan konsumen dalam membeli rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses), 4. Menganalisis pengaruh harga dan promosi yang dilakukan PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses) terhadap keputusan membeli rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses). Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 157 konsumen pembeli rumah yang dikirimkan melalui Google Form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian yaitu : 1. Pendapat konsumen mengenai harga rumah rata-rata = 3,88, 2. Pendapat konsumen mengenai promosi rata-rata = 3,97, 3. Keputusan pembelian rumah rata-rata = 4,07, 4. Harga dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap keputusan membeli rumah yang dijual oleh PT. Pionir Alfa Sejahtera (Pashouses).References
Darmawan, D. (2023). Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Toko Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
Fadhli, K., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( Mbr ) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 5–11.
Hariani, M. (2022). Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 154–167. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1465
Haris, I., Pahriani, R., & Irsyad, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.185
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Princples of Marketing. Pearson Education.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing Management: an Asian Perspective. Pearson.
Kusumawati, M., & Danarwati, Y. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Perumahan Di Pt. Ressan Gemolong. Surakarta Management Journal, 2(1), 20–31.
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
Maryunita, R., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Percetakan Pena Karya Kota Bima. Jurnal Ekonomi Manajemen STIE BIMA, I(1), 41–50.
Memah, D., Tumbel, A., & Rate, P. Van. (2015). ANALISIS STRATEGI PROMOSI, HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI CITRALAND MANADO, Jurnal EMBA Vol.3 No.1 Maret 2015, Hal.1263-1273. Emba, Jurnal EMB(1).
Miswan, M., Austriana, S., & Sukaesih, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Virtual Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Penerangan di TMII Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 161–177.
Miswan, M., & Sukaesih, U. (2019). Analisis Destinasi Pariwisata Pulau Kelapa dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 2(1), 10–20.
Mujito., Muharam, H., & Adyas, D. (2023). Manajemen Pemasaran Sebuah Pengantar Untuk Pemula. Edu Publisher.
Nursiti, A. F. (2019). Pengaruh Country of Origin, Brand Ambassador, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial Pada Produk Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel di Jakarta. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 2(2), 60–66.
Nursiti, N., & Syafarudin, S. (2023). Harga Dan Promosi Berdampak Terdapak Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1344
Oktaviani, S., & Praditya, A. (2024). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 172–186. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1
Sahrum, Qomariah, E., & Febrian, A. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Qiara Media.
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 10(April), 1–12.
Sukaesih, U., Miswan, M., Anjani, R., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Kakung Sableng Jakarta. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 79–93.
Utami, A. R. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.115
Widana, I., & Muliani, P. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.
Yusda, D. D. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House of Shopaholic Di Bandar Lampung. 8(1), 22–24.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).