SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI PADA SISWA YAYASAN PENDIDIKAN QUR’AN FATHIMIYAH
Keywords:
Teknologi, Literasi, Digital, PKM.Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai manfaat literasi digital dalam pembangunan dan pengembangan karakter pada siswa. Pemanfaatan teknologi serta literasi digital dalam pembelajaran di sekolah, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa agar tercapai proses pembelajaran yang baik, juga para siswa mendapatkan pengalaman belajar dengan berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan didalam dan diluar sekolah menggunakan teknologi secara tepat. Metode kegiatan ini terdiri dari 3 tahap meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahappersiapan dilakukan survei tempat dan penyesuaian jadwal pelaksanaan. Pada pelaksanaan sosialisasi kegiatan PKM ini para siswa diberikan pengenalan manfaat teknologi serta berbagai jenis media digital yang digunakan sebagai bahan literasi, dan praktek penggunaannya. Hasil dari kegiatan yang dikuti oleh 18 Siswa dan 2 Guru di Yayasan Pendidikan Qur'an Fathimiyah ini adalah para siswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang pemanfaatan teknologi, serta melakukan praktek sederhana penggunaan media digital. Para siswa mampu melakukan instruksi pencarian, penyeleksian informasi–informasi terkait bahan literasi dan juga mampu mengoperasikan beberapa media digital. Berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner, diperoleh informasi bahwa lebih dari 90% peserta memberikan apresiasi positif untuk kegiatan ini, serta merasakan manfaat yang diberikan.References
Amin, I. M., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2020). Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IIS 01 SMAI Al Maarif Singosari Malang. Pendidikan Islam, 59-67.
Amrina, U., Muhammad, I. L., & Raden, A. O. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT Budi Andhika Prima Ayudia. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 4(2), 10-20.
Amrina, U., Raden, A. O. (2023). Workshop Design Konten Pemasaran Digital Menggunakan Canva. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(2), 202-209.
Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 20-27.
Harjono, Hary Soedarto. (2018). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.†Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7.
Indrasari, M. (2023). Membangun Literasi Digital dengan 4 Pilar. Retrieved from https://www.humasindonesia.id/berita/membangun-literasi-digital-dengan-4- pilar-1692
Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166.
Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 13-34.
Murdy, K., & Putri, A. N. (2020). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(1), 71 Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 2(2), 108-119.
Piliang, Yasraf Amir. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode, dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.
Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital, Untirta Civic Education Journal. Vo. 3 No. 2. 168-182.
Rachmawati, Tine Silvana, et al. Studi tentang Kemampuan Literasi Informasi di Kalangan Siswa Menengah Pertama. Edulib, 2017, 7.2.
Restianty. A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 72-87.
Rini, R., Nurain, S., Ujang, E. (2022) Literasi Digital Mahasiswa dan Faktor - Faktor yang Berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan,10(2),
Sujana, A., Dewi, R. (2018). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal. Vol. 1 No. 1, 1-7.
Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80
Usulu, R. Q., Balebat, D. A., Dhea, F., Azizah, A., Adi, P., Asep, N. (2023). Penerapan Pemasaran Digital pada Usaha Mikro Kecil di Kota Tasikmalaya. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(1), 34-40.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148
Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 253-267
Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Seminas Nasional Bahasa dan Sastra, 100-104.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








