PENGGUNAAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS NEGOSIASI DAN KEBERHASILAN WIRAUSAHA
Keywords:
Bahasa, Komunikasi, Negosiasi, WirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran penggunaan bahasa dalam meningkatkan efektivitas negosiasi dan keberhasilan wirausaha. Bahasa merupakan alat utama dalam menyampaikan gagasan, argumentasi, dan kebutuhan antar pihak yang terlibat dalam negosiasi. Penggunaan bahasa yang efektif dapat memengaruhi hasil negosiasi, membangun hubungan yang baik, meningkatkan penjualan, serta memperkuat identitas bisnis. Penelitian ini menggunakan metode analisis data sekunder dengan mengumpulkan informasi dari jurnal, buku, dan kajian pustaka lainnya yang relevan dari periode 2017-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa memiliki peran dalam proses negosiasi dan keberhasilan wirausaha. Penggunaan bahasa yang tepat membantu mencapai tujuan negosiasi, menciptakan hubungan saling menguntungkan, serta meningkatkan citra dan reputasi bisnis. Kemampuan komunikasi melalui bahasa menjadi keterampilan penting bagi wirausaha dalam mencapai kesuksesan dan pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Untuk meningkatkan kemampuan negosiasi dan komunikasi, disarankan agar wirausaha terus mengasah keterampilan berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis, melalui pelatihan dan kursus yang berfokus pada teknik negosiasi dan komunikasi efektif. Selain itu, penting untuk memperhatikan bahasa dalam interaksi bisnis, seperti presentasi, promosi, dan negosiasi, guna memastikan pesan diterima dengan baik oleh pihak lain.References
Adawiyah, S. R.,, K., & D. A., & Fitria, S. (2024). Peran Dan Fungsi Bahasa Sebagai Komponen Utama Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Ekonomi, 2(1).
Anom, E. (2004). KOMUNIKASI DALAM NEGOSIASI BISNIS. Jurnal Komunikologi Vol. 1 No. 2.
Arrasyid, M. I. (2024). Memahami Seni Negosiasi: Definisi, Elemen, Tipe, dan Proses.
Aster Pujaning Ati, S. M. (2015). KETERAMPILAN BERBICARA DALAM NEGOSIASI . Journal Applied Buisiness and Economics .
Azwar, Sitorus, S. H., & Nesneri, Y. (2024). SEMANGAT WIRAUSAHA: PERAN PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN MOTIVASI . Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan. Vol 7, No. 1.
Dama, H. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNG ). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI DALAM BISNIS.
Fitriana, I. (2012). MENGUASAI BAHASA INGGRIS: BEKAL POTENSIAL DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2).
HAMDAN, Y., RATNASARI, A., & HIRZI, A. T. (2015). KEMAMPUAN NEGOSIASI PENGUSAHA DALAM MENINGKATKAN KESEPAKATAN BISNIS. MIMBAR.
Hanafiah, A. L., Ramdani, F. A., Rahmi, L. H., Khairunnisa, R. N., & Rizkyanfi, M. W. (2024). MEMBANGUN KONEKSI INDIVIDU: STRATEGI BERBAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT PENTING KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI TEMPAT KERJA . Indo-MathEdu Intellectuals Journal .
Melinda, T. &. (2024). STRATEGI NEGOISASI YANG EFEKTIF DALAM LINGKUNGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KESEPAKATAN BISNIS DI ERA DIGITAL. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(2).
Nugraha, M. A., Wahid , K., & Darussalam, H. ( Mei 2023 ). PEMBERIAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN MANNA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM . AT-TASHARRUF: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 1, Nomor 1.
Nurani, S., & Yohanna, L. (2019). STRATEGI PENGAJARAN BAHASA NIAGA DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI LINGKUNGAN RT. 01 RW. 04 KELURAHAN CILANGKAP KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR . Simposium Nasional Ilmiah dengan tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat).
Nurlaelasari, L. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI DAN MENYAMPAIKAN ISI TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X ATPH SMK Al-Masturiyah Langkaplancar Tahun Ajaran . Doctoral Disertasion, Universitas Siliwangi .
Nursolihah, M. (2020). Analisis karakteristik khusus teks negosiasi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 10(1), 24-41.
Pradani, S. P., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tiva, K., & Arum, D. P. (2024). Komunikasi Lintas Budaya : Strategi Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Pertemuan Bisnis . Jurnal Bahasa Daerah Indonesia Vol: 1, No 1.
Rakib, M. (2010). PENGARUH MODEL KOMUNIKASI WIRAUSAHA, PEMBELAJARAN WIRAUSAHA, DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA KECIL. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 2.
Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., Saparingga, H. S., & Firmansyah, R. (2021). MERAIH KEBERHASILAN NEGOSIASI BISNIS MELALUI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI .
Utami, F. I. (2017). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI NEGOSIASI DALAM BISNIS. Komunike, Volume ix, No. 2, .
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).