PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN E-WOM DAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.117

Authors

  • Ibnu Abdullah Wicaksono Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis Jl. Pulomas Selatan Kav. No.22, Jakarta Timur
  • Ika Suhartanti Darmo Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis Jl. Pulomas Selatan Kav. No.22, Jakarta Timur

Keywords:

e-service quality, e-wom, perceived value, purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap purchase intention dengan e-word of mouth dan perceived value sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang merupakan pengguna OLX.co.id yang sudah pernah melakukan pembelian melalui website OLX.co.id sampel ditentukan menggunakan teknik nonprobability purposive sampling. Hasil dari perhitungan SPSS memperlihatkan bahwa 5 hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini diterima, yakni e-service quality mempengaruhi secara signifikan variabel e-word of mouth, eservice quality mempengaruhi secara signifikan variabel perceived value, E-word of mouth mempengaruhi secara signifikan variabel purchase intention, perceived value mempengaruhi secara signifkan variabel purchase intention, dan terakhir e-service quality berpengaruh terhadap purchase intention

References

Bhakelar (2014), “The Study of E-commerceâ€, diakses pada 20 Januari 2018 dari

www.innovativejournal.in/index.php/ajcsit/article/.../628

Darmo, Ika Suhartanti (2015) “MILLENNIALS GREEN CULTURE: THE

OPPORTUNITY AND CHALLENGE (A CASESTUDY OF HIGHER

EDUCATION STUDENT)†diakses pada 12 Februari 2018 pukul 23:47 dari

http://artikel.ubl.ac.id/index.php/IMCoSS/article/view/374/375

Erkan dan Evans (2014) “The influence of eWOM in social media on consumers’

purchase intentions: An extended approach to information adoptionâ€, diakses

pada 22 Januari 2018 dari www.elsevier.com/locate/comphumbeh

Yuliando, Henry & Purnasari Hasti (2015), “How Relationship Quality on Customer

Commitment Influences Positive e-WOMâ€, pada 19 Januari 2018 dari

https://www.researchgate.net/publication/273400451_How_Relationship_Qualit

y_on_Customer_Commitment_Influences_Positive_e-WOM.

Lin, Wu, Chen (2013), “Electronic Word-of-Mouth: The Moderating Roles of Product

Involvement and Brand Imageâ€

,https://econpapers.repec.org/bookchap/tkptiim13/s3_5f29-47.htm

Bylok, Pabian, Tomski. (2015). “Business in Sustainability – a European Perspectiveâ€,

pada 21 Januari 2018dari

https://www.tojsat.net/journals/tojsat/articles/.../v05i03-

Salezadeh dan Kazhaei Pool (2016), “Brand personality, brand equity and revisit

intention: an empirical study of a tourist destination in Iran†pada 22 Januari

dari https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/TR-02-2016-0005

Sweeney dan Soutar (2001), “Consumer perceived value: The development of a

multiple item scaleâ€, pada 28 Januari 2018 dari

https://www.researchgate.net/publication/223248568_Consumer_Perceived_Val

ue_The_Development_of_a_Multiple_Item_Scale

Wu and Liao (2011). “Consumers’ behavioral intention to use internet shopping: an

integrated model of TAM and TRAâ€, pada 29 Januari 2018 dari

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09720510.2011.10701561

Younus, (2015), “Identiyhing the Factors Affecting Customer Purchase Intention†pada

Januari 2018 dari https://globaljournals.org/GJMBR_Volume15/2-

Identifying-the-Factors-Affecting.pdf

Fishbein dan Ajzen (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action

Approach. Psychology press. America.

Chaffey (2004) E-Business and commerce management, 2nd, marketing insight,

England.

Turban, Efrain, King, David, Dennis Viehland, Jae Lee, Electronic Commerce : a

managerial perspective, 2006 Pearson prentice hall, USA

Hasan, (2013), Marketing dan kasus-kasus pilihan, cetakan 3, Jogja.

Nugroho (2016) E-commerce: teori dan implementasi, Equilibria, Yogyakarta.

Schiffman dan Wisemblit. (2015) Consumer Behavior. Pearson Education limited,

England.

Semenik.R, (2002). Promotion dan Integrated marketing Communication. Thomson

Learning. Canada

Solomon.M. (2011). Consumer Behavior, 2nd, Allyn dan Bacon. Boston.

Zeithaml, Bitner, Gremler, Service Marketing : Integrating customer focus across the

firm, 6th edition 2013 England.

www.APJII.com, diakses pada 28 Januari 2018 pukul 20:18 wib

www.katadata.com diakses pada 26 Januari 2018 pukul 19:30 wib

www.olx.co.id diakses pada 10 Januari 2018 puul 16:45 wib

www.similliarweb.com diakses pada 15 Januari 2018 pukul 20:35 wib

www.instagram.com diakses pada 15 Januari 2018 pukul 20:50 wib

www.bekraf.com diakses pada 13 Januari 2018 pukul 22:45 wib

Published

2025-03-24