SIMULASI OPTIMASI POLA OPERASI WADUK JATIGEDE

Ira Mulyawati, Ibnu Fazhar

Abstrak


Kebijakan strategis sumber air baku untuk memenuhi laju kebutuhan air Regional Provinsi Jawa Barat salah satunya akan dipasok dari waduk Jatigede di sungai Cimanuk. Untuk itu perlu diketahui pola operasi waduk optimal agar waduk Jatigede dapat memenuhi laju permintaan air minum di downstream. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model optimal pola operasi waduk jatigede dalam rangka pemenuhan kebutuhan air di hilir DAS. Pada penelitian saya sebelumnya yaitu “model prakiraan debit untuk optimasi pola operasi waduk multiguna jatigede” telah diperoleh model prakiraan debit waduk jatigede yang memiliki nilai korelasi yang paling tinggi yaitu model korelasi spasial hujan-debit dengan nilai korelasi yaitu 0,933 dengan debit yang digunakan adalah debit bulanan stasiun leuwigoong, bojongloa dan leuwidaun. Setelah diketahui debit prakiraan kemudian dibuat lintasan debit kering, basah dan normal untuk selanjutnya dilakukan pemodelan pola operasi waduk menggunakan model hybrid markov. Dari hasil pemodelan optimasi manajemen menggunakan metode hybrid Markov diperoleh nilai koefisien korelasi antara Lintasan (St) pedoman dan Lintasan koreksi adalah 0,965, hal ini menunjukkan hubungan yang kuat dan linier antara St pedoman dan St koreksi. Sehingga St pedoman dari hasil perhitungan menggunakan model prakiraan debit korelasi spasial hujan dan debit layak untuk digunakan sebagai St pedoman dalam optimasi pola operasi waduk Jatigede.


Kata Kunci


Waduk Jatigede; SPAM; Cirebon

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwin. (2002). Tren Global Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air yang berkelanjutan Dalam rangka Diskusi Pakar Perumusan Kebijakan Eco-Efficient Water Infrastructure Indonesia, Direktorat Pengairan dan Irigasi

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung (2018). Data sekunder.

Balai PSDA Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (2018). Data sekunder.

PT Multimera Harapan. (2013). Supervisi Waduk Jatigede.

Pusat Litbang Sumber Daya Air Bandung (PUSAIR) (2018). Data Sekunder.

Risdiana C., A., Pranoto S., A., Sri S. (2015) . Unjuk Kerja Waduk Jatigede. Jurnal Ilmu dan Terapan Bidang Teknik Sipil, Vol.21, No. 2.

Yeni, Nuraeni. (2015). Metode Memperkirakan Debit Air yang Masuk ke Wadukdengan Metode Stokastik Chain Markov (Contoh Kasus: Pengoperasian Waduk Air Saguling). Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil. Vol. 18 No. 2.




DOI:

https://doi.org/10.36441/seoi.v2i1.233

Article Metrics

Abstrak views : 785 times
PDF views : 433 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Terindeks di:

width=width=width=width= width=

 

 

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats