PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN INDIHOME MENGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY, QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN NET PROMOTERS SCORE DI PT TELKOM AKSES

Kohar Sulistyadi

Abstrak


Kualitas produk dan layanan merupakan salah satu kunci sukses dalam persaingan. adanya keterkaitan antara kualitas jasa, kepuasan konsumen, minat membeli dan reputasi di mata konsumen. PT Telkom Indonesia sebagai penyedia layanan tetap (voice dan broadband) dengan merek Indihome melalui anak perusahaan PT Telkom Akses. Layanan internet broadband ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Indihome berusaha untuk meningkatkan Kualitas layanan, Untuk itu Indihome memanfaatkan digital network basis teknologi fiber optic, yang membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Kepuasan pelanggan akan semakin dipenuhi dengan jaringan fiber optic yang mampu menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi dengan koneksi yang lebih stabil dan handal. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality dan Quality Function Deployment untuk mememberiakn parameter antara persepsi dan harapan pelanggan serta metode Net Promotor Score untuk memberikan informasi besarnya keinginan pelanggan dalam memakai kembali produk atau jasa yang ditawarkan dan merekomedasikan. Input yang digunakan untuk perhitungan metode Quality Function Deployment dan Net Promotor Score adalah output yang dihasilkan dari metode service quality yang akan menghasilkan atribut penting dari kinerja yang dilakukan dan masih dianggap kurang maksimal untuk menjadi prioritas perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan indihome kurang memuaskan, dimana dari 24 atribut ada 6 atribut yang kurang memuaskan bagi pelangan sementara 18 atribut lainya belum mencapai target yang diharapkan, selain itu pada penelitian ini didapatkan usulan perbaikan dari kontribusi karakteristik house of quality dan net promoters score dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Indihome di PT Telkom Akses Jakarta Selatan.


Kata Kunci


Kualitas pelayanan, Service Quality, Quality Function Deployement, Net Promoters Score

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaku, Amaku, Raphael E.Watti, John Joshua, 2014. Optic Fiber as a Reliable Medium for Metropolitan Area Networking (MAN) Connectivity: Nigeria

Balasubramanian, M, 2016. Total Quality Management [TQM] in the Healthcare Industry – Challenges, Barriers and Implementation Developing a Framework for TQM Implementation in a Healthcare Setup: India

Dharmawan, Angga, 2014. Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Servqual, Importance Performance Analysis, Dan Quality Function Deployment Pada Plasa Telkom Cabang Dinoyo Surabaya : Surabaya

Elrod, Cassandra Elrod, Sarah Stanley, Elizabeth Cudney, and Caroline Fisher, 2015. Empirical Study Utilizing QFD to Develop an International Marketing Strategy: USA

Faiz, Gaboul Ahmed, 2016. The Role Of Market Orientation On The Relationship Between Total Quality Management Dimensions And Organizational Performance: A Study On Banks In Libya: Libya

Gencer, Yasin Galip and Ulas Akkucuk, 2016. Measuring Quality In Automobile Aftersales: Autoservqual Scale: Turkey

Petrova, Virginia, 2015. Ghost shopping as a method of improving a company’s marketing and customer relationship and satisfaction: Finland

Pratama, I Putu Gede Yudha, G.Sukadarmika, P.K.Sudiarta, 2017. Perancangan Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Menggunakan Teknologi Gigabyte Passive Optical Network (GPON) pada Mall Park23 Tuban: Bali

Rajagukguk, dan Retno Setyorini, 2016. Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality Dan Metode Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Pelayanan Siahay, Steven, Sulistyadi, Kohar, Nendissa, Benny, 2002, Penerapan Model Quality Function of Deployment (QFD) Pada Institusi Pendidikan Tinggi, Seminar Nasional

Teknik Industri dan Manajemen Produski, ITS.

Sulistyadi, Kohar, dan S. L Susanty. 2005, Perencanaan Peningkatan Kualitas Sepatu Olah raga Berdasarkan Quality Function Deployment, Jurnal Teknik Industri UID Vol 5, No.11, p 83-90

Wicaksono, Adhitya Wahyu, 2013, Penerapan Metode QFD (Quality Function Deployment) Pada Rencana Pengembangan Sekolah di SMKN 2 Yogyakarta: Yogyakarta.

Xu, Yanping, Ping Lu, Liang Chen and Xiaoyi Bao, 2017. Recent Developments in Micro-Structured Fiber Optic Sensors: Canada




DOI:

https://doi.org/10.36441/seoi.v1i2.179

Article Metrics

Abstrak views : 2633 times
PDF views : 867 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Terindeks di:

width=width=width=width= width=

 

 

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats