TRANSFORMASI DIGITAL DI EKOWISATA BUKIT PERAMUN

Linda Keni Peristika Daulay, Ferdin Boy, Nikky Nakaromi, Paksi Prakoso, Ushy Ramadhanty

Abstract


Pengelola Bukit Peramun dalam transformasi digital telah menciptakan aplikasi yang mencakup virtual reality yang dikembangkan ke arah augmented reality, seperti pada aplikasi Peramu Hill, yang sudah menyediakan panduan virtual dalam aplikasi itu sendiri yang merupakan gabungan virtual reality dan augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformasi digital terhadap perkembangan ekowisata di Bukit Peramun. Populasi dalam penelitian ini adalah warga di sekitar Bukit Peramun dan sampel penelitian diambil sebanyak 96 responden dimana dari sampel tersebut diteliti tanggapannya melalui e-kuesioner mengenai transformasi digital dan perkembangan ekowisata Bukit Peramun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data dengan uji korelasi pearson didapat nilai signifikansi atau p berada 0,04 atau < 0,05 yang artinya bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y atau dengan kata lain bahwa transformasi digital pada destinasi wisata berpengaruh terhadap pengembangan ekowisata di Bukit Peramun. Melihat pentingnya transformasi digital pada dunia pariwisata maka peneliti berharap agar Bukit Peramun terus dikelola dengan baik antara pengelola, pemerintah dan masyarakat agar ekowisata di Bukit Peramun berkembang lebih baik.


Keywords


Transformasi Digital; Ekowisata; Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Anggariani, P., & Paramartha, I. G. N. D. (2021). Digital Tourism Transformation (Virtual Traveling) Sebagai Solusi Dampak Covid-19 Pada Sektor Pariwisata di Desa Kampial Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(1), 71–77.

Bahari dan Ashoer. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839

Balula, A., Moreira, G., Moreira, A., Kastenholz, E., Eusébio, C., & Breda, Z. (2019). Digital Transformation in Tourism Education. September, 61–72. https://doi.org/10.20867/tosee.05.45

Baskoro, M. S. P. (2017). Pengelolaan Kawasan Ekowisata Berbasis Masyarakat Serta Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat Desa Sukarara. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 18. https://doi.org/10.21009/jgg.052.03

BBR. (2019). Bukit Peramun Terbaik Se-Indonesia Raih Penghargaan pada Ajang ISTA Festival 2019). https://babelreview.co.id/bukit-peramun-terbaik-se-indonesia-raih-penghargaan-pada-ajang-ista-festival-2019

Billinghurst, M., Clark, A., & Lee, G. (2014). A survey of augmented reality. Foundations and Trends in Human-Computer Interaction, 8(2–3), 73–272. https://doi.org/10.1561/1100000049

Biro Humas Kemenperin. (2020). Menjaga Laju Industri di Tengah Pandemi COVID-19. Media Industri. https://www.ksi-indonesia.org/id/wawasan/detail/1313-menjaga-laju-industri-di-tengah-pandemi-covid-

Cranmer, E. E., tom Dieck, M. C., & Fountoulaki, P. (2020). Exploring the value of augmented reality for tourism. Tourism Management Perspectives, 35(April), 100672. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2020.100672

Fajriah. (2019). Desa Binaan BCA : Bukit Peramun Belitung, Desa Wisata Berbasis Digital. In Bca.Co.Id. okezone.com. https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/siaran-pers/2021/10/27/06/53/desa-binaan-bca-bukit-peramun-belitung-desa-wisata-berbasis-digital

Gantara, H., Sudana, I. P., & Eka Mahadewi, N. P. (2018). Pengemasan Paket Ekowisata Di Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung. Jurnal IPTA, 6(2), 140. https://doi.org/10.24843/ipta.2018.v06.i02.p08

Gegung, E. M. (2021). International Tourism and The COVID-19 Pandemic: The Use of Virtual Reality to Increase Tourism Destination Sustainability and How Users Perceive The Authenticity of VR Experiences. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 15(1), 9–15. https://doi.org/10.47608/jki.v15i12021.9-15

Hadiono, K., & Noor Santi, R. C. (2020). Menyongsong Transformasi Digital. Proceeding Sendiu, 978–979. https://www.researchgate.net/publication/343135526_MENYONGSONG_TRANSFORMASI_DIGITAL

Imran. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Medua. https://media.neliti.com/media/publications/196593-ID-peran-sampling-dan-distibusi-data-dalam.pdf

indonesia.go.id. (2021). Edutech dan Healthtech Pendukung Ekonomi Digital ASEAN. https://indonesia.go.id/kategori/kabar-terkini-g20/3896/edutech-dan-healthtech-pendukung-ekonomi-digital-asean

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2206.

Mahendra. (2020). Aplikasi Digital Tunjang Kegiatan Wisata Bukit Peramun _ Media Center Kabupaten Belitung. https://mediacenter.belitung.go.id/aplikasi-digital-tunjang-kegiatan-wisata-bukit-peramun/

Marves. (2021). Kemenko Marves Kawal Pengembangan Integrated Area Development (IAD) Kabupaten Belitung Berbasis Perhutanan Sosial. https://maritim.go.id/kemenko-marves-kawal-pengembangan-integrated-area-development-iad-2/

Ministry of Finance Republic of Indonesia., A. D. B. (2020). Innovate Indonesia Unlocking.

Mubarrak, Muhammad Zaki, Adi Sulistyono, I. G. K. R. H. (2019). Revolusi Industri 4.0 Sebagai Momentum Revitalisasi Pariwisata Berbasis Budaya Sebagai Pengembalian Nilai-Nilai Adat Bali. 326–333.

Myrza Rahmanita, D. G. K. (2017). Analisis Komponen Produk Wisata di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 22(3), 122–131.

Oktadiana, H., Pearce, P. L., Pusiran, A. K., & Agarwal, M. (2017). Travel career patterns: The motivations of indonesian and malaysian muslim tourists. Tourism, Culture and Communication, 17(4), 231–248. https://doi.org/10.3727/109830417X15072926259360

Özkul, E., & Kumlu, S. T. (2019). Augmented Reality Applications in Tourism. International Journal of Contemporary Tourism Research, December, 107–122. https://doi.org/10.30625/ijctr.625192

Pradiatiningtyas, D. (2015). Pemasaran Online Melalui E-Tourism, Bauran Pemasaran Jasa Pariwisata Dan Pemosisian Untuk Promosi Pariwisata Daerah Di Indonesia. Khasanah Ilmu, 5(2), 77–87. https://doi.org/10.31294/khi.v5i2.479

Purba, J. H. V., Fathiah, R., & Steven, S. (2021). the Impact of Covid-19 Pandemic on the Tourism Sector in Indonesia. Riset, 3(1), 389–401. https://doi.org/10.37641/riset.v3i1.82

RM.id. (2021). Airlangga Dorong Digitalisasi UMKM Di ASEAN. https://rm.id/baca-berita/government-action/95841/airlangga-dorong-digitalisasi-umkm-di-asean/2

Taghulihi, K. E., Kumenaung, A. G., & Tumangkeng, S. Y. L. (2019). Pengembangan Ekowisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Manado (Studi Kasus Obyek Wisata Bunaken). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(02), 119–130.

Voronkova, L. P. (2018). Virtual Tourism: On the Way to the Digital Economy. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 463(4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/463/4/042096

Yuniat. (2019). Komunikasi dan Multikulturalisme di Era Disrupsi : Tantangan dan Peluang (Edisi 1). Buku Litera




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.991

Article Metrics

Abstract views : 905 times
PDF views : 818 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats