PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR DI FAVEHOTEL CIMANUK GARUT

Dani Adiatma, Deden Firman Syuyaman Rukma, Ghaida Farisya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar, menggunakan analisis regresi linier sederhana karena dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Promosi sebagai variabel independen (X) dan Tingkat hunian kamar sebagai variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif.  Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan tamu yang pernah menginap di Favehotel Cimanuk Garut, dimana sampel ini diidentifikasi menggunakan rumus populasi yang tidak diketahui dan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan tools IBM SPSS ver 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut karena setiap kenaikan 1% dari promosi akan meningkatkan tingkat hunian kamar sebesar 34,8%. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat hunian kamar. Semakin tinggi upaya promosi, maka tingkat hunian kamar akan semakin progresif.


Keywords


Promosi; Hunian kamar; Favehotel Cimanuk Garut

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson.

Ritasary, R. R., & Susanty. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Pullman Jakarta Central Park. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 43-53.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surya, D. G., & Farhaeni, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Hunian Kamar THE ALEA Hotel Seminyak. Majalah Ilmiah Widyacakra, II.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Udayantini, K. D., & Bagia, I. W. (2015). Pengaruh Jumlah Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Periode 2010-2013. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, III.

Wufron, W. (2018).Suasana Toko, Promosi dan Keputusan Pembelian. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), 49 - 60.https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/525

Yudha, A. P. (2015). Analisis Karakteristik Pengunjung dan Tingkat Hunian Kamar di Papyrus Tropical Hotel, Bogor. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), I, 44-57.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.987

Article Metrics

Abstract views : 662 times
PDF views : 517 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats