PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR DI FAVEHOTEL CIMANUK GARUT

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.987

Authors

  • Dani Adiatma Universitas Garut
  • Deden Firman Syuyaman Rukma Universitas Garut
  • Ghaida Farisya Universitas Garut

Keywords:

Promosi, Hunian kamar, Favehotel Cimanuk Garut

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar, menggunakan analisis regresi linier sederhana karena dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Promosi sebagai variabel independen (X) dan Tingkat hunian kamar sebagai variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif.  Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan tamu yang pernah menginap di Favehotel Cimanuk Garut, dimana sampel ini diidentifikasi menggunakan rumus populasi yang tidak diketahui dan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan tools IBM SPSS ver 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut karena setiap kenaikan 1% dari promosi akan meningkatkan tingkat hunian kamar sebesar 34,8%. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat hunian kamar. Semakin tinggi upaya promosi, maka tingkat hunian kamar akan semakin progresif.

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson.

Ritasary, R. R., & Susanty. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Pullman Jakarta Central Park. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 43-53.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surya, D. G., & Farhaeni, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Hunian Kamar THE ALEA Hotel Seminyak. Majalah Ilmiah Widyacakra, II.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Udayantini, K. D., & Bagia, I. W. (2015). Pengaruh Jumlah Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Periode 2010-2013. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, III.

Wufron, W. (2018).Suasana Toko, Promosi dan Keputusan Pembelian. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), 49 - 60.https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/525

Yudha, A. P. (2015). Analisis Karakteristik Pengunjung dan Tingkat Hunian Kamar di Papyrus Tropical Hotel, Bogor. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), I, 44-57.

Published

2022-07-18