PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR DI FAVEHOTEL CIMANUK GARUT
Keywords:
Promosi, Hunian kamar, Favehotel Cimanuk GarutAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar, menggunakan analisis regresi linier sederhana karena dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Promosi sebagai variabel independen (X) dan Tingkat hunian kamar sebagai variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan tamu yang pernah menginap di Favehotel Cimanuk Garut, dimana sampel ini diidentifikasi menggunakan rumus populasi yang tidak diketahui dan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan tools IBM SPSS ver 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar di Favehotel Cimanuk Garut karena setiap kenaikan 1% dari promosi akan meningkatkan tingkat hunian kamar sebesar 34,8%. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat hunian kamar. Semakin tinggi upaya promosi, maka tingkat hunian kamar akan semakin progresif.References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson.
Ritasary, R. R., & Susanty. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Pullman Jakarta Central Park. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 43-53.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Surya, D. G., & Farhaeni, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Hunian Kamar THE ALEA Hotel Seminyak. Majalah Ilmiah Widyacakra, II.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset
Udayantini, K. D., & Bagia, I. W. (2015). Pengaruh Jumlah Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Periode 2010-2013. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, III.
Wufron, W. (2018).Suasana Toko, Promosi dan Keputusan Pembelian. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), 49 - 60.https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/525
Yudha, A. P. (2015). Analisis Karakteristik Pengunjung dan Tingkat Hunian Kamar di Papyrus Tropical Hotel, Bogor. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), I, 44-57.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).