ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TENUN KRE ALANG MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN BAURAN PEMASARAN

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.985

Authors

  • Koko Hermanto Universitas Teknologi Sumbawa
  • Salman Altarisi Universitas Teknologi Sumbawa
  • Silvia Firda Utami Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Kain Tenun, Kre Alang, SWOT, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran

Abstract

Kre Alang merupakan kain tenun khas yang berasal dari kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kre Alang merupakan produk daerah Sumbawa yang memiliki ciri khas yang unik serta memiliki nilai sejarah yang tinggi. Namun, sampai saat ini produk Kre Alang dapat dikatakan masih belum dikenal oleh banyak orang dibandingkan kain tenun dari daerah lain, salah satu faktornya adalah produk Kre Alang menawarkan harga yang terlalu tinggi dengan kualitas yang hampir sama dengan produk kain lainnya. Selain itu, masalah lain adalah promosi produk yang dapat dikatakan belum baik, dikarenakan promosi masih dilakukan melalui mulut kemulut.  Berdasarkan masalah tersebut tentunya dapat berdampak dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Semakin baik produk maka semakin baik keputusan konsumen, sebaliknya semakin buruk produk maka semakin buruk keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu tujuan dari penelitian.Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perencanaan strategis pemasaran tenun Kre Alang menggunakan metode SWOT dan bauran pemasaran. Adapun hasil dari penelitian  antara lain memperthankan kualitas produk, memperluas penjualan dan distribusi, memperbaiki strategi harga, serta memperbaiki metode promosi yang dilakukan agar semakin memperkuat dan menarik minat konsumen terhadap keputusan pembelian produk Kre Alang.

References

Al Badi, K. S. (2018). The Impact of Marketing Mix on the Competitive Advantage of the SME Sector in the Al Buraimi Governorate in Oman. SAGE Open, 8(3). https://doi.org/10.1177/2158244018800838

Andries, F. reginald. (2007). Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot. In Universitas Sanata Dharma. Universitas Sanata Dharma.

Hudaningsih, N., & Ruskartina, E. (2019). Pemetaan dan Analisis Kompetensi Inti Pada Value Chain Kre Alang Sebagai Produk Khas Sumbawa. Tambora, 3(3), 115–121.

Kemas, P. K., & Kurnia, A. (2019). Analisis Semiotika Motif Kre Alang Dan Sapu Alang. Kaganga, 1(1), 1–39.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13th ed.). Erlangga. http://slims.ip-dynamic.com/library/index.php?p=show_detail&id=11601

Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.283

Nugroho, A. R., & Irena, A. (2017). The Impact of Marketing Mix, Consumer’s Characteristics, and Psychological Factors to Consumer’s Purchase Intention on Brand “W†in Surabaya. IBuss Management, 5(1), 55–69.

Nuriman, P., & Irfani, A. (2021). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Peserta Didik Yang Membolos. Conseling As Syamil, 01(2), 1–10.

Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualtas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.

Peterson, E. W. F. (2017). The role of population in economic growth. SAGE Open, 7(4). https://doi.org/10.1177/2158244017736094

Riski, M. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Persfektif Islam (Studi Kasus Pada Kerajinan Songket Fikri Palembang). UIN Raden Fatah.

Rusdiansyah. (2016). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT. Bina Insani Ict Journal, 3(1), 39843007.

Rybaczewska, M., Sparks, L., & SuÅ‚kowski, Å. (2020). Consumers’ purchase decisions and employer image. Journal of Retailing and Consumer Services, 55(February), 0–7. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102123

Setyorini, H., & Effendi, M. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Published

2022-07-18