ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK
Keywords:
Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung Ulang, Taman Nasional Gunung Halimun SalakAbstract
Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi sebuah taman nasional yang sebelumnya merupakan sebuah hutan lindung. Kawasan ini menjadi salah satu temapat wisata terbaik yang ada di Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana daya tarik wisata berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan responden yang diambil dari sampel sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa korelasi antara variabel daya tarik wisata (x) dengan variabel minat berkunjung ulang (y) dalam kategori kuat. Daya tarik wisata memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak berdasarkan thitung > ttabel (8,935 > 1,98447). Daya tarik wisata memberikan pengaruh sebesar 44,9%.References
Batubara, R. P. (2020). Strategi Pengembangan Oukup sebagai Ekowisata Kesehatan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2), 121-132.
Nurlestari, A.F., 2016. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata, 1-9.
TripAdvisor. 2020. 10 Taman & Objek Wisata Alam Terbaik Di Bogor [Online]. Tersedia di https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g297706-Activities-c57-Bogor_West_Java_Java.html [Diakses pada tanggal 9 Maret 2021].
Koda, MC., Nurlette NKS. 2018. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Monumen Monjali Yogyakarta). Arsip Penelitian Mahasiswa. Yogyakarta: STP AMPTA Yogyakarta.
Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS Untuk Penelitian Dan Riset Pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).