ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS WISATAWAN MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA PULAU HARAPAN DI KEPULAUAN SERIBU JAKARTA
Abstract
Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu telah mendukung pengembangan pariwisata di pulau Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu. Hal tersebut dapat dilihat dari usaha pemerintah dalam menyediakan fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang pariwisata untuk mengembangkan Kepulauan Seribu sebagai daerah tujuan wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah : Untuk mengetahui Kepuasan dan loyalitas wisatawan yang mengujungi Destinasi Wisata Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitianakan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang (menggunakan rumus Slovin) yang sudah mengunjungi objek wisata Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskriptifkan atau menggambarkan tentang hasil dari penelitian mengenai kepuasan dan loyalitas wisatawan yang mengujungi Destinasi Wisata Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu Jakarta dengan cara memberikan penilaian dari 1 sampai 4, yang selanjutnya dihitung rata-ratanya dan disajikan dalam tabel. Hasil penelitian yaitu kepuasan dan loyalitas wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta dengan skala penilaian 1 sampai 4, diperoleh nilai rata-rata untuk kepuasan = 3.14 (kategori puas), untuk loyalitas wisatawan diperoleh nilai rata-rata = 3.25 (katagori loyal).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Basiya dan Rozak. (2012). Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan, dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa tengah. Jurnal Dinamika Kepariwisataan, Vol. XI No.2, p. 1-12.
Kirom, Novita Rifaul. (2016). Faktor-faktor Penentu Data tarik Wisata Budaya dan Pengaruh-nya Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan, Vol. I No. 3, p 536 – 546.
Kotler Philip, dan Keller, Kevin Lane. (2017). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lovelock, Cristhoper. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. INDEKS. Jakarta.
Marpaung, Happy dan Bahar, Herman. (2015). Pengantar Pariwisata. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Meng, Fang.,Tepanon, Yodmanee., dan Uysal, Muzaffer. (2006). Measuring Tourist Satisfaction by Attribute and Motivation: The Case of Nature Based Resort. Journal of Vacation Marketing. Vol. 8 No.2, pp. 263-272.
Mill, Robert Christie, Alih Bahasa Sastro Tribudi. (2015). Tourism The international Business, Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Morena, A, and Amelung, B. (2009). “Climate change and tourist comfort on Europe’s beaches in summer: a reasseessment’, Coastal Management, 37:550-568.
Mulyadi. (2015). Daya Tarik Wisata Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.
Pendit, Nyoman S. (2010). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pradnya Paramita. Jakarta.
Razak, Abdur dan Suprihardjo. (2013). Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Kepulauan Seribu. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.
Valle, Patricia, Guerreiro M., Mondes J., dan Silva J. (2011). The cultural offer as a tourist productin coastal destinations: The Case of Algarve, Portugal. Tourism and Hospitality Research, Vol. 11, pp. 233-247.
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.41
Article Metrics
Abstract views : 1315 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1129 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 1315 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1129 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.