STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU BUATAN KUALO MUDO BENGKALIS RIAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan objek wisata danau buatan Kualo Mudo Bengkalis Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, informan diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa : (1) kekuatan pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah keindahan pemandangan danau buatan, letaknya strategis, akses jalan cukup baik, transportasi cukup baik, digunakan sebagai penyaluran hobi memancing, tersedianya wahana permainan anak-anak. (2) kelemahan pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah kurang terawatnya, kebersihan yang kurang diperhatikan, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana seperti WC, mushola, cafe, parkir, gerbang masuk, tidak adanya hotel/ wisma tempat penginapan pengunjung, kurangnya promosi pada objek wisata. (3) peluang pada objek wisata Danau Buatan Kualo Mudo adalah adanya kerjasama antara swasta dan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengembangkan objek wisata, dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata, biaya masuk yang relatif murah. (4) ancaman pada objek wisata danau buatan Kualo Mudo adalah adanya objek wisata lain yang lebih diperhatikan dan dikembangkan pemerintah serta persaingan dengan objek wisata lain, keamanan yang belum terjaga. (5) strategi atau kebijakan pengembangan yang dilakukan sebagai berikut pertama; memperhatikan perawatan lokasi, kedua; menambah anggota pengelola untuk menjaga kebersihan danau dari sampah-sampah yang berserakan, ketiga; menambah dan memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana, keempat; membangun tempat-tempat penginapan, hotel/ wisma, kelima; meningkatkan promosi, keenam; meningkatkan kerjasama antara swasta, pemerintah daerah dan masyarakat, ketujuh; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lokasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aj, M. (2012). Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwirman. (2009). Pengembangan Objek Wisata Lubuk Bonta Di Kecamatan 2 X II Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman, (Skripsi) FIS UNP Padang
Bakaruddin. (2009). Perkembangan dan Permasalahan Kepariwisataan. UNP PRESS. Padang
Buku Panduan Rencana Pemasaran Pariwisata Daerah. (2000).
Pitana, I., & Diarta, I. (2009). Pengantar ilmu pariwisata.
Kuswana, D. (2011). Metode penelitian sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Ramly, N. (2007). Pariwisata berwawasan lingkungan: belajar dari kawasan wisata Ancol. Grafindo Khazanah Ilmu.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Pendit, N. S. (1990). Ilmu pariwisata: sebuah pengantar perdana.
Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar pariwisata.
Wardiyanta, M., & Hum, M. (2006). Metode penelitian pariwisata. Yogyakarta, Penerbit Andi, 52.
Wibisono. A. (2013). Metode Analisis SWOT. Google.com
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i2.408
Article Metrics
Abstract views : 1640 times
PDF views : 1069 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 1640 timesPDF views : 1069 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.