DETERMINASI WISATA THAILAND BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN OUTBOND ASAL INDONESIA

Novita Delima Putri, Mima Nizma, Syahid Syahid

Abstract


Peneliti merumuskan beberapa masalah yang dihadapi terkait dengan Determinasi pasar wisata Thailand dengan berdasar pada aspek belanja dan kuliner yang telah memberikan pendapatan serta pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata Thailand 1) bagaimana langkah determinasi pasar wisatawan yang telah dilakukan oleh pemerintah Thailand untuk menarik wisatawan asaing atau domestic, 2) bagaimana langkah membangun pengembangan pasar wisata di Indonesia berdasarkan aspek belanja dan kuliner. Hasil penelitian menunjukan bahwa makanan mennjadi salah satu motivasi wisatawan secara umum, makanan dan wisata merupakan duet yang cukup baik dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini terjadi juga pada wisatawan inbound Indonesia ke Thailand. Terkait dengan wisata kuliner, berdasarkan hasil kuestioner, kesamaan kebiasaan, jenis makanan dan kesamaan budaya menjadi motivasi utama wisatawan Indonesia berkunjung ke Thailand.


Keywords


Wisata kuliner, Wisatawan Indonesia, Thailand

References


Ariyanto, P. (2014). Strategi Singapure Tourism Board Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Asal Indonesia Ke Singapure Pasca Krisis Global Tahun 2008. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 2 (1), 149–158.

Dewi, I. J. (2010). Implementasi dan Implikasi Kelembagaan Pemasaana Pariwisata yang Bertanggujawab (Responsible Tourism Marketing). Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Murniati, D. (2008). Trend Pariwisata Korsel dan Peluang Indonesia. Trend Pariwisata Korsel Dan Peluang Indonesia, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 3. No.4.

Pitana, I. G., & Surya Diarta, I. K. (2009). Pengembangan Ilmu Kepariwisataan Yokjakarta. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Reilly, T. (2010). Vallue Added Selling; How to sell more prifitable, confidently and profesional by competing on value (3ed ed.). United State: Mc Graw Hill.

Wahab, W. (2002). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Warpani, S. (2007). Pariwisata Dalam Tataruang Wilayah. Bandung: ITB.

Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata; Introduksi, Informasi dan Implementasi. Jakarta: Kompas Media Indonesia.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.35

Article Metrics

Abstract views : 807 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1101 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats