DETERMINASI WISATA THAILAND BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN OUTBOND ASAL INDONESIA
Keywords:
Wisata kuliner, Wisatawan Indonesia, ThailandAbstract
Peneliti merumuskan beberapa masalah yang dihadapi terkait dengan Determinasi pasar wisata Thailand dengan berdasar pada aspek belanja dan kuliner yang telah memberikan pendapatan serta pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata Thailand 1) bagaimana langkah determinasi pasar wisatawan yang telah dilakukan oleh pemerintah Thailand untuk menarik wisatawan asaing atau domestic, 2) bagaimana langkah membangun pengembangan pasar wisata di Indonesia berdasarkan aspek belanja dan kuliner. Hasil penelitian menunjukan bahwa makanan mennjadi salah satu motivasi wisatawan secara umum, makanan dan wisata merupakan duet yang cukup baik dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini terjadi juga pada wisatawan inbound Indonesia ke Thailand. Terkait dengan wisata kuliner, berdasarkan hasil kuestioner, kesamaan kebiasaan, jenis makanan dan kesamaan budaya menjadi motivasi utama wisatawan Indonesia berkunjung ke Thailand.References
Ariyanto, P. (2014). Strategi Singapure Tourism Board Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Asal Indonesia Ke Singapure Pasca Krisis Global Tahun 2008. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 2 (1), 149–158.
Dewi, I. J. (2010). Implementasi dan Implikasi Kelembagaan Pemasaana Pariwisata yang Bertanggujawab (Responsible Tourism Marketing). Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.
Murniati, D. (2008). Trend Pariwisata Korsel dan Peluang Indonesia. Trend Pariwisata Korsel Dan Peluang Indonesia, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 3. No.4.
Pitana, I. G., & Surya Diarta, I. K. (2009). Pengembangan Ilmu Kepariwisataan Yokjakarta. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Reilly, T. (2010). Vallue Added Selling; How to sell more prifitable, confidently and profesional by competing on value (3ed ed.). United State: Mc Graw Hill.
Wahab, W. (2002). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita.
Warpani, S. (2007). Pariwisata Dalam Tataruang Wilayah. Bandung: ITB.
Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata; Introduksi, Informasi dan Implementasi. Jakarta: Kompas Media Indonesia.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).