KULINER LOKAL SEBAGAI DAYA TARIK KOTA MALANG

Ivy Dian Puspitasari Prabowo, Titin Lestariningsih, Daniel Pandu Mau

Abstract


Perkembangan kuliner Indonesia terus berubah dengan hidangan yang semakin unik dan nikmat. Industri kuliner lokal semakin tergeser. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kuliner khas kota Malang yang menjadi daya tarik wisata. Menjamurnya bisnis kuliner yaitu: restoran, kafe dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Koridor Jalan Sukarno Hatta Malang, menambah kota ini tidak ada sepinya siang malam ramai. Jenis penelitian kualitatf dengan pendekatan literatur review. Pengumpulan data melalui penelusuran situs Google, Google Scholar, Researchgate, Simantic, neliti. Hasil penelitian menunjukkan kuliner lokal menjadi daya tarik wisatawan datang untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat sudah seharusnya bersama-sama bersinergitas dan kolaborasi dalam meningkatkan brand kota kuliner sebagai kota kuliner dengan mengadakan event – event yang dapat menarik, wisatawan menikmati sajian kuliner kas Malang. Melestarikan makanan lokal yang menjadi khas Malang. Menata dan memberikan ruang bagi pelaku usaha bisnis kuliner sehingga dapat dengan mudah para wisatawan menemukan makanan dan minuman khas lokal Malang.


Keywords


Kuliner Lokal; Pariwisata; Tradisional

References


Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it’s impact on revisit intention in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT RinekaCipta.

Prayogo, D., & Suryawan, I. B. (2018). Dampak Fenomena Wisata Kuliner Terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 335. https://doi.org/10.24843/jdepar.2017.v05.i02.p24

Safitri, H., & Kurniansyah, D. (2021). Analisis Komponen Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Cibeusi. Kinerja 18, 18(4), 497–501.

Sasongko, I., Setiawan, A., & Purnama, Y. S. (2019). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 3, 34–67.

Setioko, M. D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Wisata Kota Di Kota Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.26905/jpp.v4i1.2524

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). CV Alfabeta.

Wijayanti, A., Studi, P., Universitas, P., Sarana, B., & Kota, P. (2020). 7998-22257-1-Pb. 11, 74–82. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998

Zahrulianingdyah, A., & Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 6(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/16667




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1476

Article Metrics

Abstract views : 85 times
143-146 (Bahasa Indonesia) views : 72 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats