COTO MANGKASARA SEBAGAI MAKANAN TRADISIONAL DAN IDENTITAS DAERAH KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN

Nia Kurnia Lestari, Myrza Rahmanita, Rahmat Ingkadjaya

Abstract


Coto Mangkasara merupakan salah satu makanan tradisional Kota Makassar sejak abad 16 yang memiliki ciri khas bahan baku menggunakan 40 macam rempah dan kuah yang menggunakan gilingan kacang tanah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Coto Mangkasara apakah telah memenuhi kriteria makanan tradisional, telah memenuhi dimensi sebagai identitas daerah Kota Makassar, dan strategi pengembangan Coto Mangkasara sebagai makanan tradisional dan identitas daerah Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif eksploratif dan telah dipelajari secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan masing-masing sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa permasalahan Coto Mangkasara terdiri dari beberapa rumah makan yang tidak menjadikan Coto Mangkasara sebagai menu utama, pengolahan dan alat yang tidak konvensional, Coto Mangkasara dicampur dengan makanan tradisional lainnya, wisatawan dan masyarakat kurang mengetahui sejarah, tradisi dan acara kuliner yang diselenggarakan oleh pemerintah.


Keywords


Coto Mangkasara; Makanan Tradisional; Identitas Daerah

Full Text:

PDF

References


Achroni, D. (2017). Belajar dari makanan tradisional Jawa. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gardjito, M. (2017). From Root: The of Gastronomy Tourism. Gastronomi Nasional ke-2: Universitas Gajah Mada.

Lai, M. Y., Khoo-Lattimore, C., & Wang, Y. (2019). Food and cuisine image in destination branding: Toward a conceptual model. Tourism and Hospitality Research, 19(2), 238-251.

Mistriani, N., Octafian, R., & Dewi, I. K. (2021). Positioning Strategy Through PIB Achieving Tourist Satisfaction With Creative Economy In Kartika Jaya Kendal Village. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 491-499.

Rais, R. (2017). Sejarah dan Rahasia di Balik Kenikmatan Coto Makassar [Online] (diupdate 21 Mei 2017) Tersedia di: https://www.jpnn.com/news [Diakses oktober 2020].

Syamsu, M. Nur. (2018). Daya Tarik Wisata terhadap jumlah kunjungan.

Tyas, A. S. P. (2017). Identifikasi kuliner lokal Indonesia dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(1), 38-51.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1421

Article Metrics

Abstract views : 1255 times
PDF views : 753 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats