PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA WADUK NAWANGAN DI KECAMATAN GIRIWOYO UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA

Rachim Rezano Ginar Taufiqa, Atiqa Sabardilla

Abstract


Pariwisata merupakan industri tebesar dan terkuat dalam pembiaayaan ekonomi global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sarana dan prasana serta perkembangan wisata objek wisata Bendungan Nawangan yang terletak di Desa Nawangan, Kecamatan Giriwoyo. Penelitian ini bersifat deskriptip kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan dengan anggota pengelola, serta wisatawan di Bendungan Nawangan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kurangnya fasilitas sarana dan prasana untuk para wisatawan yang terdapat di objek wisata Bendungan Nawangan kemudian Bendungan Nawangan  dikelola untuk pengairan serta belum ada pengelolaan dan koordinasi antar perangkat desa, Masyarakat, pengelola bendungan dan perhutani yang ditujukan untuk para wisatawan yang menyebabkan menurunnya kunjungan wisatawan ke Bendungan Nawangan di Kecamatan Giriwoyo.


Keywords


Sarana dan Prasarana Objek Wisata; Atraksi Wsatawan; Bendungan Nawangan

References


Andrianto, T. and Sugiama, G. (2016) 'The Analysis of Potential 4A's TourismComponent in the Selasari Rural Tourism, Pangandaran, West Java', in Asia Tourism Forum 2016 – The 12th Biennial Conference of Hospitality and TourismIndustry in Asia (ATF-16) and. Atlantis Press, pp. 138–144. Available at: https://doi.org/10.2991/atf-16.2016.21.

Fajriah Syarifah Dina, Mussadun.(2014). “Pengembangan Sarana dan Prasarana Untuk Mendukung Pariwisata Pantai yang Berkelanjutan (Studi kasus : Kawasan Pesisir Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan)”. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 10 (2)

Fitrana Evi.(2018). “Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum-Kum Sebagai Wisata Edukasi di Kota Palangkaraya”. Jurnal Pedidikan Geografi, 23 (2)

Khotimah, K., Wilopo and Hakim, L. (2017) ‘Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(1), pp. 56–65.

Lestari Rizki, dkk. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta : Jurnal Penelitian Ekonomi dan Ilmu Sosial, 3 (2)

Osin Rosvita Flaviana, dkk. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Kampung Tradisional Bena Kabupaten Ngada-Flores Nusa Tenggara Timur : Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 14 (1)

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/Q.V2I2P83-91.1641

Yosef Abdul Ghani.(2017). “Pengembangan Sarana dan Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat”. Jurnal Pariwisata, 4 (1)




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1383

Article Metrics

Abstract views : 72 times
119-127 (Bahasa Indonesia) views : 58 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats