PERKEMBANGAN YOGA SEBAGAI WELLNESS TOURISM DI MASA PANDEMI COVID 19

Dewi Ayu Kusumaningrum, Eliyah Tri Jayanti

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana Yoga sebagai wellness tourism di Indonesia serta kendala yang dihadapi. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yoga sebagai wellness tourism di Indonesia khususnya di era pandemi Covid19. Peningkatan dilihat dari sisi banyaknya masyarakat yang mulai mengikuti kelas yoga (pemula) dan bermunculnya studio yoga baru walaupun pembelajarannya melalui kelas virtual. Karakteristik penikmat yoga adalah orang yang sadar akan kesehatan, dan ingin menurunkan tingkat stress akan berbagai tekanan di era pandemi covid 19 yang umumnya berasal dari kalangan menengah sampai dengan menengah ke atas. Dampak positif yaitu meningkatnya kesadaran seseorang akan kualitas hidup yang sehat, peningkatan kreatifitas dalam pengemasan produk, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (instruktur). Sedangkan dampak negatif yaitu berkurangnya jumlah anggota yang datang untuk mengikuti kelas offline, penggunaan teknologi dalam kelas virtual yang menyulitkan instruktur dalam mengoreksi gerakan partisipan yoga melalui layar. Saran agar strategi pemasaran yang digunakan meliputi pengemasan produk yang inovatif mempertimbangkan beberapa aspek terkait.


Keywords


Yoga; Wellness Tourism; Perkembangan; Kendala; Strategi

References


Gunagama, M. G., Naurah, Y. R., & Prabowo, A. (2020). Pariwisata Pascapandemi: Pelajaran Penting dan Prospek Pengembangan. Losari : Jurnal Arsitektur, Kota dan Permukiman, 5(2), 56-67.

Halodoc.com. (2020). Begini Kronologi Lengkap Virus Corona Masuk Indonesia. Retrieved from Halodoc.com: https://www.halodoc.com/artikel/kronologi-lengkap-virus-corona-masuk-indonesia

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. . Perekkonomian Indonesia, 2(2), 146-153.

Kemenparekraf. (2019). Journey For Healthy Life : Skenario Perjalanan Wisata Kebugarran diJoglosemar, Bali dan Jakarta . Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemenparekraf. (2020). Journey for Healthy Life: Pola Perjalannan Wisata di Yogyakarta, Solo dan Bali. Jakarta: Direktorat Alam, Budaya dan Buatan, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).

Kurniawan, L. (2018). Promoting Indonesia as a Wellness Tourism. ICOI-2018, The 2018 International Conference of Organizational Innovation (pp. 250-260). Fukuoka: KnE Social Sciences.

Kusumaningrum, D. A., & Gloria, G. C. (2021). Tourist Perceptions On Staying Decision In Nature-Themed Or Open Accommodations During The Covid-19 Pandemic Era In Indonesia. International Journal on Recent Trends in Business and Tourism, Vol. 5 (4), 21-26.

Lagatama, P., & N. D.Putra. (2020). Akivitas Yoga Sebagai Produk Pemasaran Jasa Wisata Spiritual. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 5(1), 30-33.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. (T. R. Rohidi, Trans.). USA: Sage Publications.

Pramono, J. (2013). Strategi Pengembangan Health and Wellness di Bali. Jurnal Managemen,Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 67-74.

Sindhu, P. (2015). Panduan Lengkap Yoga: Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. Bandung: PT.Mizan Pustaka.

Situmorang, H. D. (2021, 11 23). Sandiaga: Terapkan Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi. Retrieved from https://www.beritasatu.com/: https://www.beritasatu.com/ekonomi/857749/sandiaga-terapkan-inovasi-adaptasi-dan-kolaborasi

Sutarya, I. (2019). Keunikan Bali dalam Pariwisata Yoga. Jurnal Pariwisata Budaya, 46-52.

Utama, I. S., & Wiguna, I. A. (2020). Peluang Dan Tantangan Pengembangan Wisata Yoga Sebagai Produk Pariwisata Spiritual. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 42-48.

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat:Mengelola Kecemasan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi Khusus Demografi dan Covid-19, Juli 2020, 69-74.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1335

Article Metrics

Abstract views : 141 times
110-118 (Bahasa Indonesia) views : 97 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats