ANALISIS KEMAMPUAN KERJA PRAMUSAJI TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DI FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTMENT HOTEL LOSARI BLOK m2 JAKARTA
Keywords:
Kemampuan Kerja, Kelancaran Operasional, PramusajiAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada penguraian dan penyimpulan yang bersifat holistik dengan rangkaian data atau fakta dan generalisasi yang ada di lapangan sesuai dengan masalah penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dengan sampling jenuh dan purposive sampling, dan jumlah sampel sebanyak 6 (enam) orang. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, uji t, hipotesis. Berdasarkan hasil dari pembahasan diperoleh bahwa nilai r sebesar 0,37 yang artinya bahwa kemampuan kerja pramusaji berpengaruh signifikan terhadap kelancaran operasional. Dan nilai Koefisien Determinasi sebesar 13,69 % yang berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap kelancaran operasional sebesar 13,69 % sedangkan 86,31% berasal dari luar variabel yang diteliti seperti pendidikan dan pengalaman bekerja pada industry hospitality serta lama bekerja. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa t hitung sebesar 0,85, sedangkan t tabel dengan df = n-2(6-2) = 4 dan α 0,025 dengan t tabel sebesar 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan kerja Pramusaji terhadap kelancaran operasional di Food and Beverage Service Department Hotel Losari Blok m2 Jakarta.References
Gibson, J. L. (2001). Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses. Erlangga.
Hartatik, I. P. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2006). Perilaku dan manajemen organisasi (Jilid 1 Edisi Ketujuh). Terjemahan Gina Gania). Jakarta: Erlangga.
Kusmayadi. (2004). Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta: Gramedia Pustaka
Larasati, S. (2016). Excellent Hotel Operation. Yogyakarta: Ekuilibria.
Robbins, S. P., Judge, T. A., Angelica, D., & Resthi, W. (2016). Perilaku Organisasi I: Organizational Behavior.
------------. (2009). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba
Sihite, R. (2000). Food Service (tata hidang). Surabaya. Penerbit SIC.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif ,R&D. Bandung: affabeta
Tjutju, Y & Suwatno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 Jurnal Industri Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).