ANALISIS KEMAMPUAN KERJA PRAMUSAJI TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DI FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTMENT HOTEL LOSARI BLOK m2 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada penguraian dan penyimpulan yang bersifat holistik dengan rangkaian data atau fakta dan generalisasi yang ada di lapangan sesuai dengan masalah penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dengan sampling jenuh dan purposive sampling, dan jumlah sampel sebanyak 6 (enam) orang. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, uji t, hipotesis. Berdasarkan hasil dari pembahasan diperoleh bahwa nilai r sebesar 0,37 yang artinya bahwa kemampuan kerja pramusaji berpengaruh signifikan terhadap kelancaran operasional. Dan nilai Koefisien Determinasi sebesar 13,69 % yang berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap kelancaran operasional sebesar 13,69 % sedangkan 86,31% berasal dari luar variabel yang diteliti seperti pendidikan dan pengalaman bekerja pada industry hospitality serta lama bekerja. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa t hitung sebesar 0,85, sedangkan t tabel dengan df = n-2(6-2) = 4 dan α 0,025 dengan t tabel sebesar 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan kerja Pramusaji terhadap kelancaran operasional di Food and Beverage Service Department Hotel Losari Blok m2 Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Gibson, J. L. (2001). Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses. Erlangga.
Hartatik, I. P. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2006). Perilaku dan manajemen organisasi (Jilid 1 Edisi Ketujuh). Terjemahan Gina Gania). Jakarta: Erlangga.
Kusmayadi. (2004). Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta: Gramedia Pustaka
Larasati, S. (2016). Excellent Hotel Operation. Yogyakarta: Ekuilibria.
Robbins, S. P., Judge, T. A., Angelica, D., & Resthi, W. (2016). Perilaku Organisasi I: Organizational Behavior.
------------. (2009). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba
Sihite, R. (2000). Food Service (tata hidang). Surabaya. Penerbit SIC.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif ,R&D. Bandung: affabeta
Tjutju, Y & Suwatno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.11
Article Metrics
Abstract views : 437 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 789 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Article Metrics
Abstract views : 437 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 789 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Industri Parawisata Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.