PERSEPSI WISATAWAN ZILENIAL TERHADAP DAYA TARIK WISATA JSKY FERRIS WHEEL JAKARTA

Aditya Sugih Setiawan, Rima Pratiwi Batubara

Abstract


Jsky Ferris Wheel merupakan salah satu daya tarik wisata dengan wahana kincir raksasa tertinggi yang sudah mendapatkan rekor dari Muri atau Museum Rekor Indonesia. Daya tarik wisata Jsky Ferris Wheel tersebut tentu saja menjadi incaran para wisatawan khususnya zilenial yang datang ke AEON mall jakarta Garden City. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi wisatawan zilenial terhadap Jsky Ferris Wheel di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner serta studi literatur. Adapun jumlah sampel yang digunakan ditentukan dengan rumus slovin sebanyak 100 sampel. Sementara itu skala pengukuran penelitian yang digunakan dengan skala likert. Lain halnya terkait analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Persepsi wisatawan zilenial terhadap daya tarik wisata Jsky Ferris Wheel mengacu pada something to see dengan prosentase sebesar 90,1%. Sementara itu something to buy dan something to do masing-masing dengan prosentase sebesar 82,7 % dan 89,2%.


Keywords


Tourist attraction; Tourist perception; Zilenial

References


Azmi, M. A., & Hermawan, H. (2017). Persepsi Wisatawan Terhadap NightLife Attraction (Studi Kasus Pertunjukan Kabaret di Oyot Godong Resto). Jurnal Pariwisata, 1-9.

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. In ICMLG2016 - 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016.

Febrina, D. (2018). PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP BRAND PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 72-81.

Hariyana, I. K., & Mahagangga, I. A. (2015). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN KAWASAN GOA PETENG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA JIMBARAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG. Jurnal Destinasi Pariwisata, 24-34.

Hutabarat, G. N., & Kadarisman, Y. (2020). DAYA TARIK WISATA REKREASI ALAM MAYANG KOTA PEKANBARU. JOM FISIP, 1-12.

Putra, Y. S. (2016). THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI. Among Makarti, 123-134.

R, B., & Rozak, H. A. (2012). KUALITAS DAYATARIK WISATA, KEPUASAN DAN NIAT KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN MANCANEGARA DI JAWA TENGAH. Dinamika Kepariwisataan, 1-12.

Septiana, R. (2021, July Wednesday). Retrieved from Suara Pemerintah.Id: https://suarapemerintah.id/2021/07/generasi-z-muda-mudi-penerus-bangsa/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). . Bandung: CV. Alfabeta.

Wiradipoetra, F. A., & Brahmanto, E. (2016). ANALISIS PERSEPSI WISATAWAN MENGENAI PENURUNAN KUALITAS DAYATARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG. Jurnal Pariwisata, 129-137.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i1.1025

Article Metrics

Abstract views : 272 times
1 - 6 (Bahasa Indonesia) views : 206 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats