Pola Komunikasi dan Manajemen Creative Agency dalam Penanganan Proyek Branding pada periode Work From Home

Fitrie Anggraeni, Nurhayani Saragih

Abstract


PT Kejora Cipta Kreasi merupakan salah satu Agensi kreatif di Indonesia yang memiliki berbagai divisi di dalamnya, salah satunya divisi design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola Komunikasi dalam menjalankan project dengan fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) pada divisi Design PT Kejora Cipta Kreasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan 8 narasumber terbagi dalam dua tim yaitu Tim 1 dan Tim 2. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi kedua tim yaitu pola semua arah dilihat dari cara berkomunikasi, interaksi antar anggota dan cara kerja tim menunjukan komunikasi ke segala arah tanpa adanya batasan pengiriman atau penerimaan informasi. Fungsi manajemen dijalankan mulai dari perencanaan timeline hingga pendistribusian informasi oleh project manager, pengorganisasi dalam pembagian tugas oleh Project Manager, pelaksanaan antara anggota tim dan pemberian motivasi kerja oleh Project Manager serta Pengawasan dilakukan Project Manager secara berkala. Faktor penghambat berupa Hambatan teknis seperti kendala jaringan, hambatan semantik berupa kesalahan penafsiran sebuah kata dan hambatan manusiawi berupa prasangka. 4 faktor pendukung berupa keterbukaan, empati, sikap saling dukung dan kesamaan.


Keywords


pola komunikasi, manajemen, creative agency, brand, WFH

Full Text:

PDF

References


Alo, Liliweri (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Amanchukwu, R., Stanley, G., & Ololube, N. (2015). A Review of Leadership Theories, Principles and Styles and Their Relevance to Educational Management. Management, 5, 6-14.

Arni, Muhammad (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, John. W (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deddy Mulyana (2013). Engkus Kuswarno dan Gembirasari. Komunikasi organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana (2015). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ellys Pambayun, N. S. (2024). Teori Komunikasi dalam Lima Sila : Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa (Sofi Nurani Fatima (ed.); I). Nuansa Cendikia. https://books.google.co.id/books?id=TEP9EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Gunawan, Imam (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta : Bumi Aksara,

Hardjana, Andre (2016). Komunikasi Organisasi: Strategi dan kompetensi. PT Kompas Media Nusantara.

Muslimin, Khoirul (2019). Jurnalistik Dasar : Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial. Yogyakarta: Lingkar media.

Neuman, W. Lawrence (2015). Metodologi penelitian sosial: pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Silviani, Irene (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020

Soetopo, Hendyat (2012). Perilaku Organisasi: Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Sukarna (2011).Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Mandar Maju.




DOI (PDF):

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v4i1.2288.g1002

Article Metrics

Abstract views : 23 times
PDF views : 16 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.