Pengaruruh Celebrity Endorsment Girlband Blackpink Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Remaja Pengguna Instagram.

Briant Alief Yuansach

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh celebrity endorsment girlband blackpink terhadap keputusan pembelian biskuit Oreo X Blackpink pada onsumen remaja pengguna instagram. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh celebrity endorsment girlband blackpink terhadap keputusan pembelian biskuit Oreo X Blackpink pada onsumen remaja pengguna instagram dengan kajian teori AIDA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive sampling. Penyebaran kuesioner dalam penelitian ini diberikan kepada remaja berusia 15-19 tahun pengguna instagram. Berdasarkan hasil uji yang ada dalam penelitian ini, menyatakan bahwa variabel celebrity endorsment memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi senilai 0,001. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh dari celebrity endorsement dengan persentase sebesar 59,8% sedangkan 40,2% dipegaruhi oleh variabel lain selain dari variabel independent dalam penelitian ini.


Keywords


Terpaan Konten, E-wom, Instagram, Loyalitas, Konsumen, McDonald’s, Pemboikotan

Full Text:

PDF

References


Annur, M, C (2023). Pengguna Instagram RI Tembus 100 Juta Orang per April 2023, Terbanyak ke-4 di Dunia. Katadata.co.id

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/26/pengguna-instagram ri-tembus-100-juta-orang-per-april-2023-terbanyak-ke-4-di-dunia

Anggraini, W (2023). Viral di Media Sosial, Apa yang Spesial dari Varian Oreo Blackpink?. Fimela.com https://www.fimela.com/food/read/5142434/viral-di media-sosial-apa-yang-spesial-dari-varian-oreo-blackpink

Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta Melalui Pendaftaran" Jogja Co Branding". Kosmik Hukum, 18(2).

Claudia. 2015. Pengembangan Biskuit dari Tepung Ubi Jalar Oranye (ipomoea batatas l.) dan Tepung Jagung (zea mays) Fermentasi. Kajian Pustaka jurnal pangan dan agroindustri, III(4), 1589-1595

Evandio, A. (2023). Mondelez Beri Alasan Indonesia Jadi Negara Pertama Hadirnya Oreo X Blackpink.

Kabar24.bisnis.com.https://kabar24.bisnis.com/read/20230107/15/1615904/mondelez-beri-alasan- indonesia-jadi-negara-pertama-hadirnya-oreo-x blackpink

Gupta, T. (2014). Impact of Celebrity Endorsement on Purchase Decisions: A Study Among Youth of Bareilly. International Journal of Management Research and Reviews, 4(11), 1041.

Hanyani, T., & Fadillah, A. (2013). Pengaruh Kualitas dan Diferensiasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 237-246.

Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh market orientation, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 17(2), 51-68.

Ikaningsih, I., Yulianeu, Y., Haryono, A. T., & Purwana, E. G. (2017). Pengaruh kualitas produk, celebrity endorser, dan daya tarik iklan terhadap intensitas pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening (studi pada produk air minum dalam kemasan “aqua” di wilayah kecamatan tembalang kota semarang). Journal of Management, 3(3).

Indonesia, Badan Standardisasi Nasional. Standar Nasional Indonesia (SNI) 2973:2011-biskuit. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional, 2011.

Kertamukti, R. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase decision: A case of Karachi. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 102-111.

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas.Jakarta:Erlangga.50

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta:Erlangga.

Kumparanfood. (2023). Oreo x Blackpink Hadirksn Biskut Limited Edition dengan Lebih Banyak Varian!. Kumparan.com https://kumparan.com/kumparanfood/oreo-x-blackpink-hadirkan-biskuit limited-edition-dengan-lebih-banyak-varian

Linawati, L., & Sofiati, S. (2021). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Elektronik Di Daerah Istimewa

Yogyakarta). Solusi: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16(1).

Mukti, G. W., Kusumo, R. A. B., & Qanti, S. R. (2017). Perilaku sukses petani muda wirausaha lulusan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.Jurnal Agribisnis Terpadu, 10(2), 221-234.

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14- 26.

Novitasari, A., & Suryani, T. (2018). Peran kepercayaan merek, citra merek, dan celebrity endorsement terhadap loyalitas merek bedak tabur Wardah. Journal of Business & Banking, 7(2), 251-262.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik wardah di kota semarang. Management Analysis Journal, 4(2).

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat

Rakasyifa, I., & Mukti, G. W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah di ritel online (Suatu kasus pada konsumen ritel online di Jakarta). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 275-289.

Rossiter, J.R. and Percy, L. (1997). Advertising Communications & Promotion Management, Second edition. New York, N.Y.: McGraw-Hill

Salsabila. (2023). Enak! Oreo jadi No 1 Rekomendasi Brand Kue Kering Terfavorit 2022. Compas.co.id https://compas.co.id/article/brand-kue-kering/

Sari, D. P. A. P., & Ayuni, R. F. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness: JKT48 Pada Iklan Pocari Sweat di SMA Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).

Shimp, T. A. (2003) Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications (6th ed.). Mason, Ohio: Thomson South Western.

Soim, F. M., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli kartu perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Top Brand Award. (2023). Komparasi Brand Makanan dan Minuman Kategori Sandwich Tahunm2020-2023. Topbrand-award.com https://www.topbrand award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkat egori=75

Wijaya, A. F., & Saryadi, S. (2016). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Artis Raisa Sebagai Celebrity Endorser Produk Ice Cream Magnum Pada Mahasiswa Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 291-298.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University). Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh celebrity endorser Hamidah Rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop mayoutfit di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43-55




DOI:

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v4i1.1544

DOI (PDF):

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v4i1.1544.g1005

Article Metrics

Abstract views : 11 times
PDF views : 6 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.