PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA KULINER DI KANTIN UNIVERSITAS SAHID JAKARTA MELALUI SISTEM PEMASARAN ONLINE

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i2.73

Authors

  • Intan Nurul Azni Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas sahid Jakarta Jl. Soepomo No, 84 Tebet, Jakarta Selatan
  • Giyatmi Giyatmi Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas sahid Jakarta Jl. Soepomo No, 84 Tebet, Jakarta Selatan
  • Julfi Restu Amelia Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas sahid Jakarta Jl. Soepomo No, 84 Tebet, Jakarta Selatan

Keywords:

Kantin, pemasaran, promosi, online

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas usaha kuliner kantin Universitas Sahid Jakarta melalui sistem pemasaran online. Mitra merupakan para pelaku usaha kuliner di kantin Universitas Sahid Jakarta. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah masih rendahnya kapasitas usaha terhadap produk dijual. Hal yang menjadi penyebab adalah sistem pemasaran produk yang masih bersifat konvensional. Masalah lain yang dihadapi oleh mitra adalah mengenai sanitasi dan higienitas dari produk makanan yang belum memperhatikan aspek sanitasi lingkungan serta higiene personal. Selain itu, pemilihan kemasan untuk makanan yang dibawa pulang juga masih kurang tepat, kurang menarik, dan menyimpang dari aspek keamanan pangan. Solusi yang ditawarkan oleh pengusul kegiatan ini berupa pelatihan higiene dan sanitasi usaha jasa boga, pendampingan dalam memilih kemasan dan label untuk penjualan online, pendampingan promosi produk secara online, dan pendampingan dalam mendaftarkan produk dalam aplikasi online. Solusi yang ditawarkan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas usaha jasa boga, sehingga dapat meningkatkan omset dari mitra. Saat ini menu yang dijual di Kantin Universitas Sahid Jakarta telah terdaftar di GrabFood, dengan akun bernama KANISA Kafetaria. Selain itu KANISA Kafetaria juga telah memiliki akun media sosial Instagram sehingga memudahkan untuk melalukan promosi secara online. Kendala yang dihadapi saat ini adalah hasil penjualan belum meningkat secara signifikan sehingga untuk tahap berikutnya masih dibutuhkan pendampingan untuk promosi produk.

References

Eriksen K, Hemmingsen C. ONLINE MARKETING: NEW MODELS OF

ADVERTISING? Internet. [diunduh: 7 Maret 2018]. Tersedia pada:

http://projekter.aau.dk/projekter/files/16056831/081103_speciale.pdf

Vijakumaro GP, Julia, Lazuardhy MA, Ariasty SZ, Sona SH. 2017. LAPORAN

PRAKTIKUM SANITASI DAN KEAMANAN PANGAN UJI KOLIFORM.

Universitas Sahid Jakarta: Jakarta.

Onyeneho SN, Hedberg CW. AN ASSESSMENT OF FOOD SAFETY NEEDS OF

RESTAURANTS IN OWERRI, IMO STATE, NIGERIA. Int. J. Environ. Res.

Public Health 2013. (Vol. 10, pp. 3296-3309).

Azni IN, Giyatmi G, Amelia JR. STUDY OF CUSTOMER SATISFACTION AT

CANTEEN OF SAHID UNIVERSITY–JAKARTA. InICCD 2019 Nov 28 (Vol.

, No. 1, pp. 627-631).

Published

2023-09-29