PENGARUH PROMOSI, ULASAN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PEMILIHAN TOKO ONLINE

Didit Darmawan

Abstract


Popularitas pembelanjaan online semakin meningkat dan itu menjadi kemunduran bagi pasar tradisional pada produk tertentu. Perilaku konsumen menjadi berkembang setelah kemunculan bentuk baru berbelanja secara online di beragam bentuk toko virtual. Hal yang praktis dan berbagai kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen dengan adanya kemajuan teknologi harus dimanfaatkan oleh para produsen, pemasar, dan penjual agar memiliki jangkauan yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan. Studi ini bermaksud mengamati peran promosi, ulasan produk, dan persepsi harga terhadap pemilihan toko online. Toko online yang begitu banyak bahkan melebihi toko tradisional memunculkan fenomena kemiripan dan kompleksitas dalam pemilihan toko. Kegiatan promosi dan tawaran harga dapat menjadi daya Tarik tersendiri. Selain itu ulasan produk yang diterima oleh pembeli menjadi rujukan penting bagi konsumen sebelum membeli produk di toko online tersebut. Studi asosiatif melibatkan 100 orang yang pernah membeli secara online yang akan dijadikan sebagai sampel. Mereka ditentukan dengan cara convenience sampling. Teknik analisis adalah regresi dan dibantu oleh program SPSS. Studi ini menemukan bahwa promosi terbukti efektif menentukan pemilihan toko online. Begitu juga dengan variabel persepsi harga dan ulasan produk.


Keywords


promosi, ulasan produk, persepsi harga, pemilihan toko online, perilaku belanja online

Full Text:

95-105

References


Ali, R., F. R. M. Wahyu., D. Darmawan., E. Retnowati., & U. P. Lestari. 2022. Effect of Electronic Word of Mouth, Perceived Service Quality and Perceived Usefulness on Alibaba's Customer Commitment. Journal of Business and Economics Research, 3(2), 232-237.

Anjanarko, T. A., & Mardikaningsih, R. 2022. Visual Merchandising dan Motivasi Hedonik terhadap Pembelian Impulsif. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 3(3), 445−450.

Arifin, S., A. R. Putra, T. S. Anjanarko, Jahroni, Ernawati, N. Masithoh, F. Ryadin, M. S. Anwar. 2021. Refrigerator Purchase Decisions are Reviewed from the Price Level, Product Quality and Promotion, Journal of Marketing and Business Research, 1(2), 107-114.

Budiyanto, B., & D. Darmawan. 2005. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 9(3), 362-377.

Chen, Y.W. & J. W. Ma. 2012. The effect of review valence, new product types and regulatory focus on new product online review usefulness, Acta Psychologica Sinica, 47(4), 555-568.

Chen, R., F. D. Delli, O. R. Isma, D. Darmawan & F. Delinger. 2015. Consequences of Word of Mouth from the Perspective of WOM Senders, Journal of Marketing Management, 31(9), 1018-1039.

Darmawan, D., & Djati, S. P. 2005. Pengaruh Citra Merek dan Citra Pengecer terhadap Respon Merek dan Respon Pengecer Melalui Kepuasan Merek dan Kepuasan Pengecer. Jurnal Ekonomi dan Keuangan (EKUITAS), 9(1), 126-143.

Darmawan, D. 2012. Studi Tentang Peran Persepsi Harga Premi Dan Pengalaman Merek Terhadap Minat Mereferensikan Merek, Jurnal Ekonomi Bisnis, 2(2), 38.

Darmawan, D. 2018. The Effect of Brand Experience on Brand Trust and Brand Loyalty. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media, 7(2), 13-24.

Darmawan, D., R. Mardikaningsih., S. Arifin., & M. Hariani. 2019. Upaya Memperkuat Citra Ramayana Departement Store Melalui Promosi Penjualan dan Periklanan. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 59-71.

Darmawan, D., R. Mardikaningsih., & M. Hariani. 2019. The Effect of Endorser Celebrity, Attitude Toward to Ads, and Brand Attitude on Purchase Intention. Relasi-Jurnal Ekonomi, 15(2), 263-276.

Darmawan, D. 2019. Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 75-88.

Darmawan, D. 2019. The Effect of Corporate Image on Brand Awareness and Brang Attitude. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 8(1), 13-26.

Darmawan, D. & S. Arifin. 2021. Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya), Bisman (Bisnis dan Manajemen): Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 99-116.

Darmawan, D., S. Arifin. 2021. Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya (IDEAS), 7(3), 179-186.

Darmawan, D., & A. R. Putra. 2022. Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Implusif. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 26-45.

Darmawan, D. 2022. Studi Pada Perilaku Pembelian Rokok Tanpa Cukai Berdasarkan Harga Dan Citra Merek, Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 130-143.

Djaelani, M., & Darmawan, D. 2021. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Parkir di Pusat Pembelanjaan Royal Plaza Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 307-311.

Djazilan, M. S. & D. Darmawan. 2021. The Effect of Religiosity and Technology Support on Trust in Sharia Banking in Surabaya, Journal of Science, Technology and Society, 2(2), 7-18.

Djazilan, M.S. & D. Darmawan. 2023. The Role of Halal Labelization, Price Perception, and Product Quality on the Purchase Decision of Instant Noodle from Korea, Journal of Marketing and Business Research, 3(1), 13-24.

Ernawati, E. & D. Darmawan. 2017. Korelasi Lokasi dan Promosi dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 1-7.

Ernawati, E., R. Mardikaningsih, D. Darmawan, E.A. Sinambela. 2022. Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5 (2).

Essardi, N. I., R. Mardikaningsih, & D. Darmawan. 2022. Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, and Price Perception: Determinants of Purchase Decisions for Consumers at Jumbo Supermarket, Journal of Marketing and Business Research, 2(2), 95-104.

Fared, M. A., D. Darmawan, & M. Khairi. 2021. Contribution of E-Service Quality to Repurchase Intention with Mediation of Customer Satisfaction: Study of Online Shopping Through Marketplace, Journal of Marketing and Business Research, 1(2), 93-106.

Guo, J., Wang, X., & Wu, Y. 2020. Positive emotion bias: role of emotional content from online customer reviews in purchase decisions. J. Retail. Consum. Serv. 52:101891.

Halizah, S. N., A. Infante, & D. Darmawan. 2022. Keterbentukan Kepercayaan Pelanggan Shopee Melalui Kualitas Hubungan, Reputasi dan Keamanan Marketplace. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 256-261.

Hariani, M & E. A. Sinambela. 2020. The Effect of Price Perception, Service Quality, and Product Diversity on Superindo Customer Loyalty in Surabaya, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 29-36.

Hidayat, T., D. Darmawan, O. R. Isma, M. Hariani & A. R. Putra. 2015. Hubungan Inovasi Produk, Harga Premi dan Perilaku Konsumen. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 5(2), 119-130.

Infante, A. & R. Mardikaningsih. 2022. The Potential of social media as a Means of Online Business Promotion, Journal of Social Science Studies, 2(2), 45-49.

Irfan, M. 2022. Peran Harga dan Kualitas Produk Bagi Konsumen Melakukan Pembelian Ulang di Toko Roti Primadona Surabaya. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(1), 30-36.

Irfan, M., & Hariani, M. 2022. Cigarette Product Purchase Decision Based on Brand Image and Price. Journal of Science, Technology and Society, 3(2), 1–7.

Issalillah, F., D. Darmawan & R. K. Khayru. 2021. Social Cultural, Demographic and Psychological Effects on Insurance Product Purchase Decisions, Journal of Science, Technology and Society, 2(1), 1-10.

Issalillah, F., R. K. Khayru, D. Darmawan, M. W. Amri & S. Purwanti. 2021. Analisis Perilaku Konsumen Rokok Mild Berdasarkan Persepsi dan Sikap, Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 49-53.

Jahroni., E. A. Sinambela., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. 2021. Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.

Jahroni, J. & A. R. Putra. 2022. The Role of Product Quality, Price and Promotion Towards Telkomsel Prepaid Card Purchase Decisions, Journal of Science, Technology and Society, 3(1), 7-14.

Jiménez, F. R., & Mendoza, N. A. 2013. Too popular to ignore: the influence of online reviews on purchase intentions of search and experience products. J. Interact. Mark. 27, 226–235.

Jiang, X.D. 2015. What is the most helpful product review? The effect of online reviews’ quantitative and textual features on its helpfulness, Foreign Economics and Management, 37(4), 41-55.

Kemarauwana, M. & D Darmawan. 2020. Perceived Ease of Use Contribution to Behavioral Intention in Digital Payment, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 1-4.

Kemarauwana, M., R. K. Khayru., & F. Issalillah. 2022. Upaya Pencitraan Apotek dan Keragaman Produk untuk Meningkatkan Penjualan melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2), 56-66.

Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Khayru, R.K., N. S. Wisnujati, D. Darmawan, & F. Issalillah. 2021. Pengamatan Loyalitas Merek Obat Herbal Berdasarkan Kemasan dan Harga. Jurnal Simki Economic, 4(2), 121-132

Lestari, U. P., & Putra, A. R. 2022. Brand Switching Behavior on Smartphone Product Purchases. Journal of Science, Technology and Society, 3(2), 23–31.

Lestari, U.P., & E. A. Sinambela. 2022. Keputusan Tempat Pembelian Berdasarkan Kualitas Layanan, Suasana Toko, dan Persepsi Harga. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2), 87-97.

Lu, A. C. C., D. Gursoy, & C. Y. Lu, C. Y. 2015. Authenticity perceptions, brand equity and brand choice intention: The case of ethnic restaurants, International Journal of Hospitality Management, 50, 36–45.

Mardikaningsih, R. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 1(1), 1-8.

Mardikaningsih, R., & E. A. Sinambela. 2021. Keragaman Produk, Lokasi dan Niat Kunjungan Ulang ke Pengecer. The Journal of Business and Management, 4(1), 40-52.

Mardikaningsih, R., & Putra, A.R. 2021. Pengambilan Keputusan Pembelian Produk berdasarkan Ekuitas Merek. The Journal of Business and Management, 4(2), 85-98.

Mo, Z. & Y. F. Li. 2015. Research on online reviews on consumer purchase behavior – a perspective of consumer learning, Journal of Modern Information, 35(9), 3-7.

Munir, M. & D. Darmawan. 2022. The Role of Trust, Ease of Use and Security on Shopping Interests at Lazada. Engineering and Technology International Journal, 4 (3), 135-145.

Putra, A. R., D. Darmawan, R. Mardikaningsih, A. infante & M. Khairi. 2021. The Effect of Attractiveness and E-Wom on Tourist Interest to The City of Batu, Journal of Science, Technology and Society, 2(2), 25-36.

Putra, A.R., M. M. D. H. Rudiansyah, D. Darmawan, R. Mardikaningsih & E. A. Sinambela. 2022. Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71-85

Retnowati, E. & R. Mardikaningsih. 2021. Study on Online Shopping Interest Based on Consumer Trust and Shopping Experience, Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 15-24.

Retnowati, E., D. Darmawan., R. Mardikaningsih., & E. A. Sinambela. 2021. Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kualitas Produksi dan Harga. . Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1382-1389.

Senecal, S. & J. Nantel. 2004. The influence of online product recommendations on consumers’ online choices, Journal of Retailing, 80(2), 159-169.

Sinambela, E. A., P. P. Sari., & S. Arifin. 2020. Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(1), 55-70.

Sinambela, E. A., E. I. Azizah., & A. R. Putra. 2022. The Effect of Green Product, Green Price, and Distribution Channel on The Intention to Repurchasing Simple Face Wash. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 156-162.

Sinambela, E. A. & D. Darmawan. 2022. Advantages and Disadvantages of Using Electronic Money as a Substitute for Cash, Journal of Social Science Studies, 2(2), 55-60.

Sinambela, E. A., Cici, D. Darmawan, R. Mardikaningsih & Abdul Rahman. 2022. Pengaruh Citra Diri, Kepribadian Merek, dan Kelompok Acuan terhadap Kualitas Hubungan Merek, Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(3), 80-85.

Sinambela, E. A., & R. Mardikaningsih. 2022. Harga dan Keberagaman Produk serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(1), 37-47.

Sutrisno, R.I. & D. Darmawan. 2022. Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, 2(1), 1-12.

Tong, T., X. Xu, N. Yan & J. Xua. 2022. Impact of different platform promotions on online sales and conversion rate: The role of business model and product line length. Decision Support Systems, 156, 113746.

Vimaladevi, K., & Dhanabhakaym, M. 2012. A study on the effects of online consumer reviews on purchasing decision. Prestige In. J. Manag. 7, 51–99.

Von Helversen, B., Abramczuk, K., Kopeć, W., & Nielek, R. 2018. Influence of consumer reviews on online purchasing decisions in older and younger adults. Decis. Support. Syst. 113, 1–10.

Wahab, E., A. Aziz, D. Darmawan, M. Hashim & Y. Fan. 2017. Marketing New Products to Mainstream Customers, Journal of Economics and Business, 8(2), 239-246.

Wahyudi, W., R. N. K. Kabalmay, & M. W. Amri. 2021. Big Data and New Things in Social Life, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 1-12.

Zheng, X. P. 2008. An empirical study of the impact of online review on internet consumer purchase decision, Doctoral dissertation, Renmin University of China.

Zhang, K., Cheung, C., & Lee, M. 2014. Examining the moderating effect of inconsistent reviews and its gender differences on consumers’ online shopping decision. Int. J. Inf. Manag. 34, 89–98.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382

Article Metrics

Abstract views : 499 times
95-105 views : 299 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats