Analisis Deskriptif Audit Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta dalam Mensukseskan Program “Enjoy Jakarta”

Abdul Rasyid Zaenal, Hayu Lusianawati

Abstrak


Audit komunikasi dalam sebuah organisasi merupakan faktor penting dalam mewujudkan keberhasilan program kerja organisasi, termasuk program city branding ―Enjoy Jakarta‖. Studi ini berupaya melakukan evaluasi kualitatif terkait audit komunikasi program ―Enjoy Jakarta‖ yang berada di bawah otoritas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta. Program citi branding ―Enjoy Jakarta‖ menarik untuk dianalisis mengingat program ini, di masa berikutnya, dianggap cukup sukses membawa Jakarta sebagai salah satu kota destinasi wisata (domestik maupun manca negara). Fokus studi berupaya mendeskripsikan proses audit komunikasi program ―Enjoy Jakarta‖ dan kinerja internal Disparbud dalam memasarkan dan mempromosikan beragam obyek wisata Jakarta, termasuk faktor-faktor spesifik pola komunikasi internal Disparbud yang membuat program ―Enjoy Jakarta‖ berjalan cukup efektif dalam konteks audit komunikasi organisasi. Hasil studi menunjukkan: struktur organisasi Disparbud didukung oleh visi, misi, tujuan, dan perangkat kebijakan yang cukup relevan dan bisa menderivasi secara efektif city branding program ―Enjoy Jakarta‖. Sementra profil Disparbud menganut asas birokrasi rasional Weber, ciri birokrasi merit system, dan warna kepemimpinan struktural-fungsional. Kendati desain organisasi Disparbud cukup besar dan rumit, namun alur komunikasi berjalan efektif, kultur organisasi positif, dan pembagian kerja terdistribusi secara efektif-alokatif. Dari sisi keterlibatan dan tanggung jawab pegawai terkait implementasi Tupoksi, secara rerata juga cukup efektif. Pimpinan dan pegawai di semua jenjang satuan/unit kerja melakukan kolaborasi kerja yang cukup sinergis saat mencari solusi dari setiap permasalahan yang muncul dalam organisasi secara kolektif-kolegial. Dari 11 variabel yang dikaji, secara rerata kesebelas variabel audit komunikasi yang terkait dengan program ―Enjoy Jakarta‖ dan kinerja organisasi Disparbud sudah berjalan relatif baik dan cukup efektif

Kata Kunci


Audit komunikasi; program enjoy Jakarta; kinerja organisasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, Shendy (2018). ―Beautifikasi dan City Branding Jakarta‖ [online, September 16, 2018]. Retrieved from https://www.beritasatu.com/opini/6064/beautifikasi-dan-city-branding-jakarta(Accessed: December 19, 2021).

Amerta, I.G.N. Oka, & I.G.S. Budhiasa (2014). Pengaruh Kunjungan Wisatawan Mancanegara, Wisatawan Domestik, Jumlah Hotel dan Akomodasi Lainnya Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Badung Tahun 2001-2012. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(2), 56-69. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/7567/6026.

Anwaruddin, Awang (2006). Pengembangan Model Kepemimpinan Birokrasi di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 3(2), 97-114.

http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/view/428/400.

Arifin, Tutik H. (2014). Studi Evaluasi Kualitatif Pada Komunikasi Internal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangkalan dalam Program City Branding [online].

Retrieved fromhttps://www.academia.edu/6365842/Studi_Evaluasi_Kualitatif_Pada_Komunikasi_Inter nal_Badan_Perencanaan_Pembangunan

_Daerah_Kabupaten_Bangkalan_Dalam

Program_City_Branding (Accessed: Desember 15, 2021).

Arikunto, Suharsini (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Atmodjo, J. Tri (2014). ―Audit Komunikasi dan Pengukuran Reputasi‖ [online].Retrieved from https://docplayer.info/30794416-Auditkomunikasi-dan-pengukuranreputasi.html (Accessed: December 13, 2021).―Banyaknya Wisatawan Nusantara dan Mancanegara di Provinsi DKI Jakarta 2004-2005‖ [online]. Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/indicator/16/77821/6/banyaknya-wisatawan-nusantara-danmancanegara-di-provinsidkijakarta.html (Accessed: December 13, 2021).Bisnis Indonesia, 31 Desember 2011.

Booth, Anthony. (1988). The Communication Audit: A Guide for Managers. UK: Gower Publishing.BPS Provinsi DKI Jakarta. ―Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara‖ [online]. Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html (Accessed: December 12, 2021).―Daftar museum di Provinsi DKI Jakarta‖ [online]. Retrieved fromhttps://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_museum_di_Kota_Jakarta (Accessed: December 15, 2021).

David, Fred R. (2009). Management Strategic (Manajemen Strategis Konsep) 1 (Edisi 12). Terjemahan. Jakarta: Selemba Empat.Emmanuel, Myron (1985). ―AuditingCommunicationPractices‖, in Carol

Reuss & Donn Silvis (eds), Inside Organizational Communication: A Managerial Perspective (Second Edition). New York: Longman Inc.

Fajri, Khairul (2015). ―Tinjauan Umum DKI Jakarta‖ [online]. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/45023/3/07_Khairul_Fajri_21020110141006_BAB_3.pdf.

Fella, Rizki (2013). ―Audit Komunikasi‖[online, March 30, 2013]. Retrieved from http://rizkyfella.blogspot.co.id/2013/03/auditkomunikasi.html (Accessed: December13, 2021).

Friesner, Tim. (2000). ―History of SWOT Analysis‖ [online, September 3, 2008]. Retrieved from http://www.marketingteacher.com/swot/history-of-swot.html(Accessed: December 15, 2021).

Girvin, Irene (2020). ―Brand Personality‖ [online, May 8, 2020]. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2020/05/08/brand-personality/ (Accessed: December 20, 2021).Goldhaber, Gerald M. (1974). Organizational Communication. Dubuque, Iowa: W.C. Brown.

Hardjana, Andre (2000). Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Grasindo.Iskandar (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.Ivani, S.Z. Nur (2015). ―Pengaruh City Branding ‗Enjoy Jakarta‘ terhadap Citra Kota dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler ke Jakarta‖. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta. ―Jakarta Tourism and Culture Office‖ [online].

Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Jakarta_Tourism_and_Culture_Office

(Accessed: December 16, 2021).

Kholifah, N. Asriatul (2020). Pengaruh Kualitas Nightlife Attraction Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Prawirotaman. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 3(1), 76-83. https://doi.org/10.17509/jithor.v3i1.23538.

Kristijanto, Debora, dkk. (2012). ―Pengertian dan Tujuan Audit Komunikasi‖ [online, February 9, 2015]. Retrieved from http://www.slideshare.net/hafedzadiputr

a/pengertian-dan-tujuan-auditkomunikasi (Accessed: December 17,

.―Masakan Betawi‖ [online]. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Betawi (Accessed: December 15, 2021).

Mudjiyanto, Bambang, & A. Dunan (2020). Tipe Penelitian Ilmu Komunikasi. Cetakan I. Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru.

Mulyana, Deddy (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanda (2012). ―69 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta & Paling Hits 2022, Wajib Dikunjungi‖ [online, January 13, 2022).

Retrieved from http://tempatwisataseru.com/tempatwisata-di-jakarta/ (Accessed: December 18, 2021).

Newson, D., J.V. Turk, & D. Kruckeberg (2009). This is PR: The Realities of Public Relations. Wadsworth: Thomson Learning.

Ni Luh, M.P.F. (2021). ―20 Tempat Wisata Belanja di Jakarta‖ [online, February 8, 2012]. Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2012/02/2208/17120119/~Travel~Travel%20Story?page=all (Accessed: December 16,

.

Odiorne, George S. (1954). An Application of the Communications Audit. Personnel Psychology, 7, pp. 235–243.

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1744-6570.1954.tb01596.x.Pace, R . Wayne & D.F. Faules (2000).

Komunikasi Organisasi. Terjemahan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pontoh, N. Kurnia (2012). ―Peranan City Branding Sebagai Pembentuk Identitas Kota‖ [online, April 13, 2012].Retrieved from

http://www.sappk.itb.ac.id/ppk/index.php?option=com_content&task=view&id=367&Itemid=87 (Accessed: December17, 2021).

Prasetyo, A. Budi (2015). ―Sekilas tentang Tahap-Tahap dan Teknik Audit Komunikasi‖ [online, June 10, 2015].

Retrieved from http://pride.co.id/sekilastentang-tahap-tahap-dan-teknik-auditkomunikasi/ (Accessed: December 17,

.

Putra, I.G. Ngurah (1999). Manajemen

Hubungan Masyarakat. Universitas Atmajaya: Yogyakarta.

Republika, 21 Juli 2006.

Rumata, V. Mutiara (2011). ―Strategi City Branding Kota Jakarta‖ [online, December 20, 2011]. Retrieved from https://

perempuan0n220185.wordpress.com/2011/12/20/strategi-city-branding-kotajakarta/ (Accessed: December 18, 2021).Sari, W. Puspita (2010). Audit Komunikasi Sebagai Alat Untuk Mengukur Efektivitas dan Efisiensi Komunikasi dalam Suatu Organisasi. Jurnal

Komunikasi, 1(1), 72-89.https://elmurobbie.files.wordpress.com/

/02/audit-komunikasi.pdf.―Sejarah Kota Jakarta: Mulai Sunda Kelapa hingga Kini‖ [online, June 22, 2021]. Retrieved from

https://news.detik.com/berita/d5615538/sejarah-kota-jakarta-mulaisunda-kelapa-hingga-kini (Accessed: December 13, 2021).

Schein, Edgar H. (2009). The Corporate Culture: Survival Guide. San Francisco, Calif.: Jossey-Bass.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwatno (2008). Audit Komunikasi Sebagai Alat Mengukur Efektivitas dan Efisiensi Komunikasi Organisasi. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 7(13), 25-34.https://doi.org/10.17509/manajerial.v7i2.16493.

The Jakarta Consulting Group, ―Enjoy Jakarta‖ [online]. Retrieved from http://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/bizmark/enjoy-jakarta(Accessed: December 18, 2021).

Trisnawati, Fitri, dkk. (2019). Audit Komunikasi Program Jogja Belajar

Budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(3), 207-223.https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3772.

Utoyo, A. Widitiarsa (2018). ―The Significance of Enjoy Jakarta Logo as a City Branding Strategy for Tourism in Indonesia‖. Proceedings of the Art and Design International Conference (AnDIC 2016) (pp.143-151).

DOI:10.1007/978-981-13-0487-3_17




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i2.671

Article Metrics

Abstrak views : 1888 times
PDF views : 1396 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats