PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @RINTIKSEDU TERHADAP MINAT MENDENGARKAN PODCAST RINTIK SEDU

Kurnia Hayuning Budhi, Aprilianti Pratiwi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara terpaan konten melalui akun media sosial Instagram terhadap minat mendengarkan podcast dan seberapa besar pengaruh yang dihasilkan. Rintik Sedu merupakan salah satu kanal podcast yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosi. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel quota sampling menggunakan rumus slovin yang menghasilkan 100 responden pada populasi pengikut akun Instagram @rintiksedu. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara terpaan konten akun Instagram @rintiksedu terhadap minat mendengarkan podcast Rintik Sedu. Dengan pengaruh yang dihasilkan sebesar 46% dari terpaan konten Instagram terhadap minat mendengar.

Kata Kunci


terpaan konten; minat mendengar; podcast

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardyanto, F. (2020, December 12). liputan6.com. Retrieved from https://hot.liputan6.com/read/4431715/podcast-adalah-konten-audio-yangtidak-terbatas-ruang-dan-waktu

Belch, M. A., & Belch, G. E. (2007). Advertising and Promotion: An

Integrated Marketing Comminication Perspective. 8th edition. Boston:

McGraw-Hill.

Cin, S., & Utami, L. S. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Jurnal Koneksi Vol. 4, 235-242.

de Vaus, D. A. (2002). Survey in Social Research, 5th Edition. New South Wales: Allen and Unwin.

Dwi A. M., R. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Minat Mendengarkan Radio DJFM Surabaya. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya.

Evandio, A. (2020, Agustus 30). teknologi.bisnis.com. Retrieved from

https://teknologi.bisnis.com/read/20200830/282/1284746/miliaranpendengar-podcast-berpotensi-jadipasar-daring

Geoghegan, M. W., & Klass, D. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting, Second Edition. Springer-Verlag New York Inc: New York.

Imam, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Jakarta: goodnewsfromindonesia.com.Jati, A. S. (2021, February 4). Retrieved from inet.detik.com: https://inet.detik.com/business/d5361582/pelanggan-spotify-tembus345-juta-berapa-banyak-yangpremium

Malle, B., Moses, L. J., & Baldwin, D. A. (2001). Introduction: The Significance of Intentionality. Intention and Intentionality: Foundations of Social Cognition, 1-24.

Mourint, S., Sugandi, & Nurliah. (2021). Persepsi Pendengar Terhadap Podcast Rintik Sedu di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 52-61.

Purnama, P., Anggraini, R., Hartono, A., Irwansyah, & Emungtyas, N. F. (2019). Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk Perawatan Tubuh. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 192-209.

Samosir, H. A., & Putra, M. A. (2020, March 01). cnnindonesia.com. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200227132308-241-478714/melihat-pelesat-progrespodcast-di-indonesia.

Slater, M. D. (2004). OPERATIONALIZING AND ANALYZING EXPOSURE: THE FOUNDATION OF MEDIA EFFECTS RESEARCH. JOURNAlSM & MASS COMMUNICATION QUARTERLY, 168.

Stewart, D. W., & Pavlou, P. A. (2009). The Effect of Media on Marketing Communication. In J. Bryant, & M. B.

Oliver, Media Effect Advances in Theory and Research (p. 362). New

York: Routledge Taylor & Francis Group.

Stockemer, D. (2019). Quantitative Methods for Social Science . Cham: Springer International Publishing AG.

Sundari, G., & Purba, V. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PODCASTER

AWAL MINGGU DALAM MEMBUAT KONTEN PODCAST DI SPOTIFY. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi | Vol. 3 No. 2, 148-156.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi.Bandung: CV. Pustaka Setia.

Umar, H. (2002). Metodologi Penelitian, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Valiant, V. (2020). Strategi Komunikasi Konten Podcast di Aplikasi NOICE (Studi Deskriptif pada Aplikasi NOICE sebagai Konten Audio

Indonesia).

Zellatifanny, C. M. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal

Pekommas Vol. 5, 117-132




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i1.670

Article Metrics

Abstrak views : 4252 times
PDF views : 3581 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats