PERAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS ERHA ULTIMATE ANTI AGING BAGI PENGIKUT AKUN INSTAGRAM WULAN GURITNO

aska leonardi

Abstrak


ABSTRAK. ERHA melakukan inovasi dengan membuat brand yang focus terhadap solusi klinis konsumennya. Salah satu diantaranya adalah ERHA ULTIMATE ANTI AGING, dimana disaat tahap awal peluncuran brand ini, tentunya dibutuhkan brand exposure agar bisa mencapai brand awareness yang baik. Sehingga penggunaan strategi influencer marketing menjadi salah satu kegiatan marketing yang dilakukan. ERHA ULTIMATE ANTI AGING memilih artis Wulan Guritno sebagai influencer di fase peluncuran brand tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer terhadap pengikut akun Instagram Wulan Guritno yang menjadikan merek ERHA ULTIMATE ANTI AGING sebagai merek yang ada di Top of Mind mereka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Organisme-Respon. Teori S-O-R adalah teori komunikasi linear yang paling tua. Teori Stimulus merupakan proses komunikasi yang berjalan secara satu arah. Dari efek yang ditimbulkan oleh media, memungkin kan adanya perbedaan antara individu satu dengan individu lainya. Dan menggunakan teknik Purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut pautnya dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya, dengan begitu sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan followers dari akun Instagram Wulan Guritno. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhdap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING menunjukan t hitung 3,298 dan p value (sig) sebesar 0,00 yang dibawah alpha 5% artinya ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING. Hasil penelitian dapat menerima hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING bagi pengikut akun instagram Wulan Guritno” besaran koefisien pengaruh Wulan Guritno sebagai influencer marketing terhadap brand awareness ERHA ULTIMATE ANTI AGING adalah 70,8%.


Teks Lengkap:

PDF


DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v6i2.2758

Article Metrics

Abstrak views : 8 times
PDF views : 7 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats