ANALISIS RETORIKA DAN ETIKA USTADZ ADI HIDAYAT DALAM BERDAKWAH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Nasichah Nasichah, Farid Kamal, Salman Al Farizi

Abstrak


Perkembangan teknologi pada masa sekarang mempunyai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya adalah mempermudah dalam mendapatkan informasi dari berbagai macam sumber dan dapat menjangkau ke seleruh penjuru dunia. Dakwah adalah suatu kegiatan untuk menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan yang wajib dilakukan oleh umat islam. Salah satu cara menarik komunikan agar tertarik dengan pesan dakwah adalah melalui media sosial yang sedang berkembang saat ini seperti Youtube, Tik-Tok, atau Instagram. YouTobe adalah sebuah media sosial yang memberikan atau menyajikan berbagai konten atau video, salah satunya adalah tentang dakwah. Salah satu ustadz yang berdakwah melalui youtube adalah Ustadz Adi Hidayat. Ustadz Adi Hidayat memiliki retorika yang khas dalam dakwahnya sehingga banyak pengguna youtube yang tertarik untuk menyaksikannya. Adapun retorika dan etika yang digunakannya adalah Memoriter and Knowledge & Ekstemporer and Tolerance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui retorika dan etika dalam berdakwah yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat sehingga dapat dijadikan contoh yang baik untuk ditiru oleh umat islam yang lainnya.

Teks Lengkap:

PDF


DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v6i2.2427

Article Metrics

Abstrak views : 10 times
PDF views : 17 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats