PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI KLINIK KOPI
Abstrak
ABSTRAK. Klinik Kopi adalah kedai kopi di Yogyakarta yang menjual kopi jenis arabika, perlengkapan seduh kopi, dan merchandise. Di tengah persaingan bisnis kopi yang semakin ketat di Indonesia, Klinik Kopi masih bisa bertahan hingga sekarang. Bahkan mereka dapat memperluas target pasar dan meningkatkan penjualan. Hal itu karena Klinik Kopi memanfaatkan Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran. Dalam menggunakan Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran, Klinik Kopi memiliki cara yang unik sehingga mampu mendapatkan banyak pengikut di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pemanfaatan Instagam yang dilakukan oleh Klinik Kopi sebagai strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui interview, observasi dan dokumen. Interview dilakukan bersama pemilik Klinik Kopi sedangkan untuk observasi dan dokumen diperoleh melalui akun Instagram @Klinikkopi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dimana data yang telah dikumpulkan akan disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram, Klinik Kopi menggunakan sejumlah fitur Instagram. Sedangkan untuk strategi komunikasi yang dilakukan Klinik Kopi melalui instagram yaitu dengan cara story telling, soft selling, giveaway hingga edukasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Appiah, O. (2006). Rich Media, poor Media: The Impact of audio/video vs. text/picture testimonial ads on browsers' evaluations of commercial web sites and online products. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 28(1), 73-86. https://doi.org/10.1080/10641734.2006.10505192
Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. Bandung: CV. Cendekia Press.
Arief, G. M., & Millanyani, H. (2015). Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. eProceedings of Management, 2(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1494
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Jakarta: Kencana.
Butwin, B. A. (2016). #TrademarkLaw: Protecting and Maximizing the Value of Trademarks in an Evolving Social Media Marketplace. Cybaris®, 7(1), 3.
Creswell, John W. (2013). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Achmad Fawad, terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Emzir, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Depok: Raja Grafindo
Gani, K. (2015). 8 Wajah Kelas Menengah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook. Journal of Product & Brand Management. Vol. 22 No. 5/6, pp. 342-351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Instagram Klinik Kopi. (2018). Tersedia dari: https://instagram.com/klinikkopi
Iriantara, Y. (2014). Manajemen Media Massa. Jakarta: Universitas Terbuka
Jerry, C. O., & Peter, J. P. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Kertajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Brand. Jakarta: MarkPlus&Co
Kotler, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Labrecque, L. I., Vor Dem Esche, J., Mathwick, C., Novak, T. P., & Hofacker, C. F. (2013). Consumer power: Evolution in the digital age. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 257-269. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.002
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Morissan, M.A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Prenada Media Persada
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Okazaki, S., Mueller, B., & Taylor, C. R. (2010). Global consumer culture positioning: testing perceptions of soft-sell and hard-sell advertising appeals between US and Japanese consumers. Journal of International Marketing, 18(2), 20-34. https://doi.org/10.1509/jimk.18.2.20
Pawito, P. D. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. Lks Pelangi Aksara.
Penasaran Berapa Jumlah Kedai Kopi di Jogja?. (2018). Tersedia dari: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/03/03/510/899467/penasaran-berapa-jumlah-kedai-kopi-di-jogja.html
Rahardjo, P. (2012). Kopi. Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Bandung: Penebar Swadaya
Rangkuti, F. (2002). The Power of Brands. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, F. (2009), Strategi Promosi Yang Kreatif: Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sloan, L., & Quan-Haase, A. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of social media research methods. New York: Sage.
Sugiyono, D. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suharno, Y. S. (2010). Marketing in practice. Yogyakarta: Andi Gebang Permai.
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication: Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Wang, Z., Lee, S. J., & Lee, K. R. (2018). Factors influencing product purchase intention in Taobao live streaming shopping. Journal of Digital Contents Society, 19(4), 649-659. https://doi.org/10.9728/dcs.2018.19.4.649
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v4i1.2304
Article Metrics
Abstrak views : 63 times
PDF views : 36 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 63 timesPDF views : 36 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.