PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI KLINIK KOPI

Fatimah Bilqis

Abstrak


 

ABSTRAK. Klinik Kopi adalah kedai kopi di Yogyakarta yang menjual kopi jenis arabika, perlengkapan seduh kopi, dan merchandise. Di tengah persaingan bisnis kopi yang semakin ketat di Indonesia, Klinik Kopi masih bisa bertahan hingga sekarang. Bahkan mereka dapat memperluas target pasar dan meningkatkan penjualan. Hal itu karena Klinik Kopi memanfaatkan Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran. Dalam menggunakan Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran, Klinik Kopi memiliki cara yang unik sehingga mampu mendapatkan banyak pengikut di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pemanfaatan Instagam yang dilakukan oleh Klinik Kopi sebagai strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui interview, observasi dan dokumen. Interview dilakukan bersama pemilik Klinik Kopi sedangkan untuk observasi dan dokumen diperoleh melalui akun Instagram @Klinikkopi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dimana data yang telah dikumpulkan akan disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram, Klinik Kopi menggunakan sejumlah fitur Instagram. Sedangkan untuk strategi komunikasi yang dilakukan Klinik Kopi melalui instagram yaitu dengan cara story telling, soft selling, giveaway hingga edukasi. 

 


Kata Kunci


Media Baru; Instagram; Komunikasi Marketing; Kedai Kopi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Appiah, O. (2006). Rich Media, poor Media: The Impact of audio/video vs. text/picture testimonial ads on browsers' evaluations of commercial web sites and online products. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 28(1), 73-86. https://doi.org/10.1080/10641734.2006.10505192

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. Bandung: CV. Cendekia Press.

Arief, G. M., & Millanyani, H. (2015). Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. eProceedings of Management, 2(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1494

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Jakarta: Kencana.

Butwin, B. A. (2016). #TrademarkLaw: Protecting and Maximizing the Value of Trademarks in an Evolving Social Media Marketplace. Cybaris®, 7(1), 3.

Creswell, John W. (2013). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Achmad Fawad, terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emzir, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Depok: Raja Grafindo

Gani, K. (2015). 8 Wajah Kelas Menengah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook. Journal of Product & Brand Management. Vol. 22 No. 5/6, pp. 342-351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Instagram Klinik Kopi. (2018). Tersedia dari: https://instagram.com/klinikkopi

Iriantara, Y. (2014). Manajemen Media Massa. Jakarta: Universitas Terbuka

Jerry, C. O., & Peter, J. P. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Kertajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Brand. Jakarta: MarkPlus&Co

Kotler, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Labrecque, L. I., Vor Dem Esche, J., Mathwick, C., Novak, T. P., & Hofacker, C. F. (2013). Consumer power: Evolution in the digital age. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 257-269. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.002

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Morissan, M.A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Prenada Media Persada

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Okazaki, S., Mueller, B., & Taylor, C. R. (2010). Global consumer culture positioning: testing perceptions of soft-sell and hard-sell advertising appeals between US and Japanese consumers. Journal of International Marketing, 18(2), 20-34. https://doi.org/10.1509/jimk.18.2.20

Pawito, P. D. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. Lks Pelangi Aksara.

Penasaran Berapa Jumlah Kedai Kopi di Jogja?. (2018). Tersedia dari: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/03/03/510/899467/penasaran-berapa-jumlah-kedai-kopi-di-jogja.html

Rahardjo, P. (2012). Kopi. Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Bandung: Penebar Swadaya

Rangkuti, F. (2002). The Power of Brands. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, F. (2009), Strategi Promosi Yang Kreatif: Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sloan, L., & Quan-Haase, A. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of social media research methods. New York: Sage.

Sugiyono, D. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharno, Y. S. (2010). Marketing in practice. Yogyakarta: Andi Gebang Permai.

Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication: Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Wang, Z., Lee, S. J., & Lee, K. R. (2018). Factors influencing product purchase intention in Taobao live streaming shopping. Journal of Digital Contents Society, 19(4), 649-659. https://doi.org/10.9728/dcs.2018.19.4.649




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v4i1.2304

Article Metrics

Abstrak views : 63 times
PDF views : 36 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats