PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INFO_PENSI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENTAS SENI MUSIK BAGI FOLLOWERS

Kevin Ananda Febrian

Abstrak


Perkembangan teknologi telah menciptakan sebuah kemajuan yang sangat pesat, salah satunya adalah terciptanya jaringan internet. Internet dapat digunakan untuk mengakses berbagai media sosial salah satunya adalah media sosial Instagram. Salah satu akun media sosial Instagram yang cukup diminati oleh para pengguna Instagram adalah @info_pensi. Akun Instagram ini memberikan informasi mengenai acara pentas seni musik yang akan diselenggarakan di daerah Jabodetabek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media sosial Instagram @info_pensi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pentas Seni Musik Bagi Followers. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification karena teori ini menempatkan hubungan antara kepuasan akan kebutuhan dan pemilihan media secara jelas oleh khalayak itu sendiri. Pada penelitian ini menggunakan paradigma positivism dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling untuk mengambil sampel dan ditentukan dengan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini termasuk ke dalam kategori moderat moderat antara penggunaan media sosial Instagram @info_pensi terhadap kebutuhan informasi pentas seni musik bagi followers. Berdasarkan pada uji hipotesis,didapatkan hasil t hitung > t tabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.


Kata Kunci


Penggunaan Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rulli, Nasrullah. 2015. Media Sosial : Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Edisi 1. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi 1. Bandung : Alfabeta. Widiasworo, Erwin. Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Edisi 1. Yogyakarta : Araska.

Arianti, Gusmia. 2017. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram dan Path. Jurnal Komunikasi. 184.

Djafar, Dian Mustika R. H. dan Putri, Yuliani R. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @visitbogor Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Komunikasi. Vol. 7, No. 1:1771.

Vabino, Cova. 2021. Prakktik Cyber Bullying Di Channer Youtube Luthfi Agizal (Analisis Isi Pada Komentar Negatif Dalam Postingan “Ngomong Anjay Bisa Merusak Moral Bangsa”). Jurnal Komunikasi. 8 dan 21.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v6i1.2183

Article Metrics

Abstrak views : 17 times
PDF views : 13 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats