ANALISIS PENGARUH IKLAN METODE PRODUCT PLACEMENT MEREK DILAN PADA TAYANGAN SINETRON “CINTA SETELAH CINTA“ TERHADAP BRAND AWARENESS PENONTON

Refta Candrakanta Putri Driarkoro, Aska Leonardi, Sumiyati Sumiyati

Abstrak


Seiring berkembangnya teknologi dan metode iklan yang juga semakin berkembang salah satunya yaitu metode iklan product placement yang belakangan ini sangat banyak ditemukan pada tayangan bergerak salah satunya tayangan sinetron Cinta Setelah Cinta, banyaknya iklan sisipan menjadi alasan untuk melakukan penelitian ini yaitu pengaruh product placement  terhadap brand awareness penonton. Penelitian ini bertujuan. untuk mengetahui sejauh mana iklan metode product placement mempengaruhi brand awareness penonton Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional dan teknik penarikan sampel purposvie sampling dan teknik analisis data regresi linear sederhana. Dari hasil pengujian analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara penempatan produk/product placement coklat Dilan pada tayangan sinetron Cinta Setelah Cinta melalui akun Instagram @cintasetelahcinta.sctv terhadap brand awareness yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,517 yang artinya bahwa variabel X (pengaruh product placement) berpengaruh terhadap variabel Y (brand awareness) sebesar 51,7% dan sisanya dipengaruhi oleh metode iklan lain. Dapat disimpulkan bahwa iklan Dilan dengan metode product placement mempengaruhi kesadaran penonton.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Edwina, Danica Elma. 2020. “Kesadaran Merek Dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya Pada Preferensi Merek”. Bandung.

Endar, Wati. 2018. “Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap Kemiskinan di 35 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016.

Harris Kristanto, Ritzky Karina M.R. Brahmana. 2016. Pengaruh Product Placement Film Indonesia Terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya. Surabaya.

Morrisan. 2015. “Periklanan komunikasi pemasaran terpadu.” (Prenadamedia group).

Muhammad, Pambudi. 2016. “Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka.” (Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana).

Okorie, Ihuoma. 2022. “The Tripartite Typology of Product Placement in the Movie "Papa Benji".”

Panuju, Redi. 2019. “Komunikasi Pemasaran Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran.” (Kencana).

Setyawan, Andre. 2018. , Pengaruh Tayangan Lokasi Pada Film “Filosofi Koppi 2: Ben & Jody Terhadap Niat Berkunjung ke Kedai Filosofi Kopi Jogja yang Dimediasi Oleh Sikap Audience. Yogyakarta.

Yermias J.I. Leuhoe, S.Kom., M.T, dkk. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian .




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i2.2030

Article Metrics

Abstrak views : 81 times
PDF views : 52 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats