Opini Pengunjung Dieng Culture Festival Tentang Destinasi Pariwisata Dieng
Abstrak
Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan datang ke Indonesia, maka pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata beserta Pemerintah Daerah harus melakukan berbagai strategi untuk menarik wisatawan datang mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pokdarwis Pandawa Dieng adalah menyelenggarakan kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) untuk menarik wisatawan luar dan domestik mengunjungi Dieng. Penelitian ini menggunakan model komunikasi AIDA, yaitu attentianjnterest, desire, action. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sampel yang yang diambil sebanyak 97 responden, dengan kriteria pengunjung DC F yang membeli tiket masuk penyelenggaraan DCF, yaitu yang menonton seluruh rangkaian acara DCF. Lokasi Penelitian di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah yang terletak antara Wonosobo dan Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeloaan destinasi wisata Dieng dinilai baik oleh pengunjung DCF Peneitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dalam penyelenggaraan DCF tahun berikutnya, sehingga tahun yang akan datang akan memberikan konsep aktivitas yang berbeda dari tahun sebelumnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v1i1.201
Article Metrics
Abstrak views : 626 times
PDF views : 406 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 626 timesPDF views : 406 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.